-->

Notification

×

Iklan

Atensi Khusus Petani Tembakau di Desa Tonda, Bupati Bima Serahkan Bantuan Mesin dan Alat Pertanian

Thursday, November 2, 2023 | Thursday, November 02, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-01T21:20:12Z

 





Kabupaten Bima, Garda Asakota.-




Pemkab Bima Melalui Dinas Pertanian memiliki komitmen untuk memperhatikan  nasib petani tembakau di Kabupaten Bima seperti para petani tembakau di Desa Tonda Kecamatan Madapangga. 


 


Salah satu bentuk perhatian Pemkab Bima adalah menyerahkan bantuan mesin dan peralatan pertanian berupa 1 unit traktor roda 2, 1 unit mesin air dan 1 unit mist blower.  Bersamaan dengan itu, juga diserahkan benih cabai dan tomat, alat penepung, 5 lembar terpal dan 5 unit handsprayer.






Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE.,M.IP,  yang hadir bersama Ketua DPRD Kabupaten Bima Muhammad Putera Ferryandi S.IP.,M.IP, menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan itu supaya masyarakat desa Tonda mendapatkan manfaat dari budidaya tembakau seperti halnya di Kecamatan Sape dan Tambora.



"Komoditi tembakau diharapkan bisa dikembangkan di kecamatan Madapangga. Moga saja, dengan bantuan mesin dan alat pertanian yang lengkap dari dana DBHCT ini, nantinya petani diharapkan tidak lagi mengalami kesulitan di dalam pengelolaan pasca panen," harap Bupati Bima.



Menurutnya, peran petani sangat diperlukan agar  memiliki kemampuan untuk mencoba hal-hal baru yang hasilnya mampu meningkatkan produksi pertanian, juga meningkatkan pendapatan bagi petani setempat.  



Sebelumnya, Kadis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima Ir. Hj. Nurma., M.Si, di hadapan para kepala desa, Ketua BPD, penyuluh pertanian dan masyarakat setempat menjelaskan bahwa penyerahan bantuan kepada beberapa kelompok tani khususnya petani tembakau sebagai salah satu desa pengembangan tembakau.


Kendala pengembangan pertanian di Madapangga adalah kekurangan air sehingga mengurangi produksi. Kondisi ini, kata dia, membutuhkan bor air dalam untuk meningkatkan kapasitas produksi dan menambah intensifikasi pertanaman (IP).


Pantauan langsung wartawan, selain Bupati dan Ketua DPRD, turut hadir para Staf Ahli Bupati, Asisten Pemerintahan dan Kesra Fatahullah, S.Pd, Kadis Perkim M. Chandra Kusuma AP, dan Camat Madapangga Tajuddin Noor, S.Sos. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update