-->

Notification

×

Iklan

Mentan SYL Kunjungi Pengolahan Sorgum di NTB

Sunday, August 13, 2023 | Sunday, August 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-31T01:15:21Z

 

Kunjungan Mentan SYL di Pengolahan Sorgum NTB, Sabtu 12 Agustus 2023.



Mataram, Garda Asakota.-



Kunjungan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo ke NTB salah satu agendanya yaitu mengunjungi pengolahan sorgum yang ada di NTB, yang menjadi salah satu jadwal dalam kunjungan kementerian di wilayah Nusa Tenggara.



Kedatangan Menteri Pertanian tentu disambut baik Gubernur NTB bahkan sigap mendampingi Pak mentan dalam kunjungannya.



Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah mendampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengunjungi pengolahan sorgum NTB.



“Saya kagum NTB sudah sampai mengolah sorgum sampai tahap akhir dengan ragam produk makanan,” ujarnya di Tabeta Sorgum, Selagalas, Kecamatan Cakranegara, kota Mataram, Sabtu 12 Agustus 2023.



Ditambahkannya, sebagai tanaman tropis yang mudah dibudidayakan, sorgum diharapkan dapat menggantikan kebutuhan gandum.



Irwan, pengelola dan pengusaha mengatakan, Tabeta Sorgum mengolah sorgum mulai tahap awal penyediaan bibit, pengembangan sampai pengolahan akhir. Mulai 2009 pihaknya mengembangkan sorgum di lahan 1.213 Ha milik petani se NTB.



“Tahun ini kita menambah 623 Ha di Lombok Timur dan 50 Ha di Loteng dan tahun ini kita menghasilkan 3,5 ton bibit,” sebutnya.



Pengolahan sorgum di Tabeta sendiri berupa produk pangan, pakan dan lain lain seperti kue kue, beras sorgum, gula cair dan bahan makanan lainnya.



Lebih jauh ia menguraikan, tanaman sorgum ini sangat bernilai ekonomis terlebih jika dikaitkan dengan ketahanan pangan pengganti bahan makanan pokok


.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Provinsi NTB, Muhammad Taufieq Hidayat mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan hasil panen serta mengantisipasi dampak iklim el nino.



“Semoga dampaknya tidak terlalu terasa di wilayah kami,” ujarnya. (**)

×
Berita Terbaru Update