-->

Notification

×

Iklan

Ekspor NTB Didominasi Bahan Tambang, Akhdiansyah: Roadmap Ekspor NTB Perlu Disusun Dengan Baik

Wednesday, January 17, 2024 | Wednesday, January 17, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-17T05:45:47Z

 





Mataram, Garda Asakota.-

 

Tingkat pertumbuhan ekonomi NTB pada tahun 2024 diprediksikan akan mengalami peningkatan. Hal ini ditandai dengan meningkatnya nilai ekspor pada sekitar Desember 2023 lalu sebesar 61,56 persen.

 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) NTB yang dirilis Desember 2023, komoditas ekspor terbesar NTB masih didominasi bahan galian atau tambang sebesar 98,90 persen. Disusul dengan komoditas lain seperti perhiasan, ikan dan udang, garam , belerang, kapur serta daging dan ikan.

 

Selain mengalami peningkatan ekspor, NTB juga mengalami peningkatan impor sebesar 8 persen komoditas peralatan mekanik dan mesin, peralatan listrik, bahan peledak, serta besi dan baja.

 

Anggota Komisi II Bidang Ekonomi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi NTB, Akhdiansyah, SH.i., menilai meski terjadi peningkatan nilai ekspor komoditas barang di NTB, tetap saja hal itu riskan karena tidak didukung oleh sektor-sektor ekonomi lainnya seperti pertanian dan perdagangan.

 

“Jadi kita harus mempertimbangkan untuk menyusun roadmap ekspor komoditas yang lebih bagus kedepannya dalam sektor-sektor penyangga lainnya seperti pertanian dan perdagangan,” terang pria yang juga Ketua Bapemperda DPRD NTB ini.

 

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) NTB yang akan bertarung kembali sebagai Caleg DPRD NTB Dapil VI Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima ini berharap agar kedepannya perencanaan dan penganggaran terkait hal ini dapat dilakukan secara lebih masif lagi terutama dalam sektor-sektor pertanian dan perdagangan.

 

“Tahun ini penganggarannya sudah mulai kearah modernisasi pertanian, penguatan irigasi dan lainnya. Jadi ada peningkatan dari sisi anggaran. Disisi lain dalam aspek perdagangan masih bersifat normatif. Dari sisi anggaran, kami belum mendapatkan angka riel soal itu,” pungkasnya. (GA. Im*)

×
Berita Terbaru Update