-->

Notification

×

Iklan

Pj Walikota Bima Salurkan Bantuan Baznas untuk 410 Orang Pedagang Bakulan

Monday, November 13, 2023 | Monday, November 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-13T08:13:05Z

 




Kota Bima, Garda Asakota.-



Baznas Kota Bima kembali mendistribusikan bantuan untuk para pedagang bakulan (Asnaf Gharimin) Senin, 13 November 2023. Bantuan itu diserahkan langsung oleh Penjabat Walikota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT., di Convention Hall Paruga Nae



Ketua Baznas Kota Bima, H. Nurdin Mansyur,  S.Sos, MM, menjelaskan bahwa penerima Asnaf Ghamirin berjumlah sebanyak 410 orang di 5 Kecamatan se Kota Bima. 



Masing-masing kelurahan sebanyak 10 orang dan mendapatkan bantuan sebesar Rp300 ribu. "Meliputi bantuan uang senilai Rp250 ribu dan 420 paket sembako masing masing senilai Rp50 ribu," ungkapnya.





Kegiatan ini menjadi rutinitas Baznas dalam 4 tahun berturut-turut telah menyalurkan bantuan bagi pedagang bakulan. Bakulan sengaja menjadi perhatian Baznas untuk menerima bantuan usaha, karena fakta di lapangan rata-rata mengambil pinjaman koperasi untuk modal usaha.


"Dengan hadirnya Baznas, kami harap pedagang bakulan tidak lagi mengambil pinjaman yang berbunga," ujar Ustadz H. Nurdin.


H. Nurdin menyebut, apalagi tiap tahun Baznas Kota Bima menyalurkan bantuan usaha sebanyak 410 orang, jika 4 tahun artinya sudah lebih dari 1 ribu pedagang bakulan menerima bantuan dari Baznas Kota Bima.


"Hal membahagiakan juga bagi kita semua, bahwa klinik sehat Baznas pembangunannya saat ini capai 95 porsen. Klinik ini nantinya khusus melayani warga kurang mampu, cukup menggunakan e-KTP langsung dilayani oleh petugas medis," ucapnya.


Selain itu juga, H. Nurdin mengaku pada tahun 2023 ini Baznas Kota Bima akan membangun rumah tidak layak huni di Jatibaru Barat dan Jatibaru Timur sebanyak 15 unit.


"Rumah yang dibangun mulai dari nol, masing-masing rumah mendapatkan 25 juta," imbuhnya.



Penyaluran bantuan modal usaha yang di gelar di Convention Hall Paruga Nae tersebut di hadiri oleh Penjabat Walikota Bima, Ir. H. Mohammad Rum dan didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Bima, kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Bima, Camat dan Lurah se Kota Bima. Selain itu, dihadiri juga oleh Ketua DPRD Kota Bima, Ketua Baznas Kota Bima, Kemenag Kota Bima dan 410 orang pedagang bakulan penerima manfaat.



Pj Walikota mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas Kota Bima yang setiap tahun rutin menyalurkan bantuan kepada yang layak menerima.


"Baznas adalah lembaga yang perlu kita support, tahun 2024 kita optimalkan. Baznas seperti ini yang diharapkan, programnya luar biasa sangat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat," ujarnya.


HM. Rum menambahkan, upaya pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota saat ini fokus menangani kesmiskinan ekstrim. Selain itu juga berupaya menurunkan angka stunting.


Selain itu ia menyampaikan bahwa sejalan dengan program Baznas, anak-anak kita yang hafiz Qur'an kita bantu biayai beasiswanya. "Saya inginkan di Kota Bima lahir hafiz Qur'an," ucapnya. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update