-->

Notification

×

Iklan

Komisi V DPRD NTB Minta PJ Gubernur Serius Perhatikan Aspek Pendidikan

Tuesday, November 7, 2023 | Tuesday, November 07, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-07T00:19:18Z

 

Anggota Komisi V DPRD NTB, H Bohari Muslim.


 

Mataram, Garda Asakota.-

 


Penjabat Gubernur (PJ) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), HL Gita Ariadi, diminta lebih serius dan lebih fokus lagi dalam memperhatikan aspek pendidikan di NTB.

 


“Kami minta PJ Gubernur lebih serius dan lebih fokus lagi dalam memperhatikan dunia pendidikan kedepannya,” tegas anggota Komisi V DPRD NTB, H Bohari Muslim, kepada wartawan media ini, Senin 06 November 2023.

 


Penegasan tersebut diungkapkan oleh pria yang juga merupakan Ketua Fraksi Nasdem DPRD NTB menyikapi masih banyaknya problem-problem di dunia pendidikan yang harus dilakukan evaluasi kedepannya, salah satunya adalah menyangkut masih rendahnya realisasi anggaran di bidang pendidikan.

 


“Ini artinya, kinerja dari Dinas terkait  itu yang masih carut marut sehingga muncul masalah seperti tidak adanya ketersediaan anggaran. Padahal dari sisi penganggarannya, anggaran untuk pendidikan sebesar 20 persen itu tidak pernah berkurang dialokasikan dalam APBD kita,” sorot pria yang juga Ketua Fraksi Nasdem DPRD NTB ini.

 


Political will dari PJ Gubernur dalam memperhatikan dunia pendidikan yang dimulai dari peningkatan kinerja dinas terkait serta memperhatikan peningkatan kualitas pendidikan sangat diperlukan. Apalagi menurutnya, dalam kondisi dimana peringkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) NTB yang masih bertengger dinomor ‘bontot’, maka diperlukan langkah yang lebih fokus dalam peningkatan kualitas pendidikan dan melakukan evaluasi terhadap setiap kebijakan yang ada termasuk kebijakan mengalokasikan anggaran untuk program beasiswa yang menghabiskan anggaran yang cukup besar.

 


“Evaluasi terhadap program pemberian beasiswa yang menghabiskan anggaran yang cukup besar itu harus dilakukan,” kata Bohari Muslim.

 


Begitu juga dengan perhatian pemerintah terhadap sekolah-sekolah swasta yang ikut membantu dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia juga harus lebih ditingkatkan.

 


“Baik menyangkut aspek peningkatan infrastrukturnya, sarana dan prasarana pendidikan, tenaga pengajarnya, masih sangat jauh dari harapan,” ungkapnya.

 


Menurutnya dalam membangun kualitas pendidikan di NTB, tidak hanya membutuhkan political will dari pemerintah semata. Akan tetapi perlu juga didukung oleh adanya penyusunan regulasi sebagai sebagai sebuah wujud keseriusan pemerintah daerah dalam mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan di daerah. (GA. Im*)

×
Berita Terbaru Update