-->

Notification

×

Iklan

Sanggowo, Masakan Khas Bima Jadi Sorotan Khusus, Saat Acara Raker Tamsis di Kota Mataram

Saturday, August 12, 2023 | Saturday, August 12, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-26T01:44:44Z

 

Foto bersama Ketua STKIP Taman Siswa, DR. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si, setelah melaunching kantor penghubung di Kota Mataram sekaligus rapat kerja (Raker) dengan pimpinan OTK Tamsis di kantor Penghubung STKIP Tamsis di Kota Mataram. Foto: Ist 




Kota Mataram, Garda Asakota.-



Bukan STKIP Taman Siswa namanya kalau tidak memberikan yang berbeda. Kampus keguruan dan ilmu pendidikan terbaik di Bima ini, selalu ingin memberi warna tersendiri dalam setiap langkah dan kiprahnya. 



Setelah melaunching kantor penghubung di Kota Mataram yang begitu elegan, kampus yang bermarkas di Kabupaten dan Kota Bima tersebut juga menggelar rapat kerja (Raker) dengan pimpinan OTK kampus setempat. 



Agenda tahunan itu juga dihadiri sejumlah tamu penting dari berbagai disiplin pekerjaan yang sengaja diundang khusus.



Namun ada yang berbeda dan menonjol dalam acara yang digelar di teras kolam renang kantor tersebut. Ialah menu masakan khas Bima (Sanggowo). Masakan dengan bumbu dan perlengkapan masak yang begitu khas ini, rupanya menjadi sorotan tamu undangan. 



Masakan dengan komponen utama dari daging kambing dan bebek ini dimasak dengan tungku khas Bima dengan ditambahi daun singkong dan bumbu rahasia. Proses memasaknya juga masih menggunakan kayu bakar sehingga menciptakan rasa yang jauh lebih nikmat.



Tuan rumah memang sangaja menjamu peserta Raker dengan makanan sultan Bima yang satu ini. Yang lebih spesial lagi, STKIP Taman Siswa Bima sengaja mendatangkan khusus kokinya langsung dari Bima, yang tidak lain adalah Ceo Lalapan Bilqis, pengusaha masakan khas Bima. 



Menu yang begitu khas ini, tak pelak membuat peserta Raker menambah porsi makannya. Karena banyak diantara tamu yang hadir pernah mencicipi masakan-masakan nusantara hingga masakan luar negeri. Namun, masakan Sanggowo diakui jauh lebih maknyus. 



Salah satu penikmat kuliner dunia mengaku masakan tersebut akan menjadi ciri khas lain yang dimiliki STKIP Taman Siswa Bima. “Saya sudah mencicipi masakan di berbagai negara, tapi saya kaget saat mencoba Sanggowo, wajar sultan bima sehat kuat fisik dan bervisi 



Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, MSi menyampaikan, akan menjalin kerjasama dengan pihak rumah makan Lalapan Bilqis untuk membuka cabang di Mataram. “Ini sudah kita komunikasikan, dan secepatnya akan kita laksanakan,” katanya.



Doktor Ibnu menegaskan, bahwa Sanggowo menjadi salah satu masakan yang selalu ada untuk tamu-tamu penting Tamsis di tahun 2022 ada 7 tamu luar negeri australia, amerika, inggris dan malaysia mengakui rempah-rempahnya nendang. Bahkan, beberapa tokoh bangsa seperti Dahlan Iskan, pejabat tinggi kementrian  juga sudah pernah mencicipi Sanggowo di kampus Tamsis. 



“Pak gubernur, bupati dan pejabat-pejabat setingkat menteri yang pernah ke Tamsis, semuanya sudah merasakan masakan ini. Kita juga akan membangun brand ini di mata para pejabat di Indonesia. Sehingga para tamu ini tidak saja mengingat Tamsis tapi juga Sanggowonya,” pungkas doktor jebolan UI ini. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update