-->

Notification

×

Iklan

Tahun Ini, Distanbun NTB Fokus Siapkan Program Bertumpu Pada Sub Sektor Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultura

Wednesday, March 8, 2023 | Wednesday, March 08, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-16T12:08:33Z

 

Kadistanbun NTB, H Fathul Gani.



Mataram, Garda Asakota.-

 


Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menegaskan bahwa di tahun 2023 ini akan tetap berkonsentrasi untuk menyiapkan program-program yang bertumpu pada sub sektor tanaman pangan, perkebunan dan hortikultura.

 


“Untuk sub sektor tanaman pangan, Distanbun NTB akan fokus bekerja meningkatkan produksi beras, jagung, dan kedelai. Beras, jagung, dan kedelai adalah tiga jenis pangan yang akan membuat kami melakukan sejumlah agenda strategis untuk terus meningkatkan jumlah produksi," terang Kepala Dinas Distanbun Provinsi NTB, H Fathul Gani, kepada wartawan, 07 Maret 2023.

 


Dijelaskannya, untuk sektor hortikultura, nilai tukar petani (NTP) sudah mendapat pemasukan yang sangat luar biasa. Dimana para petani NTB akan terus dibuat sejahtera. "Kami pun terus memperbaiki kualitas buah manggis agar di tahun 2023 dapat diekspor," katanya.

 


"Tren manggis sedang meningkat. Bahkan, harganya pun sudah luar biasa," sambung mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi NTB ini.

 


Untuk sektor perkebunan, menurut dia, salah satu komoditi andalan NTB adalah tembakau. Kedepannya, Distanbun NTB akan terus mengupayakan agar harga komoditi tembakau makin kompetitif, terutama di skala nasional.

 


"Kami pun akan meningkatkan jumlah produksi. Sebelumnya, pada tahun 2022, kami memproduksi sekitar 20 ribu ton. Kedepannya, kami menargetkan agar lebih dari jumlah tersebut," tegasnya.

 


Untuk area tanam tembakau, Distanbun NTB akan mempertahankan luas tanah yang akan digunakan menanam tembakau, yakni seluas 200 ribu hektare.

 


"Kami berharap agar nilai tukar petani NTB pada tahun 2023 semakin membaik," tutupnya. (GA. Im*)

×
Berita Terbaru Update