-->
×

Iklan

Sandiaga Uno Berharap Event WSBK Dapat Meningkatkan Angka Kunjungan Wisatawan

Tuesday, February 14, 2023 | Tuesday, February 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-13T23:50:15Z

 

Direktur Poltekpar Lombok, Herry Rachmat Widjaja, saat memberikan penjelasan atas pertanyaan wartawan dihadapan Menparekraf, Sandiaga Uno, Senin 13 Februari 2023.



Mataram, Garda Asakota.-

 

Penyelenggaraan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) yang akan dihelat pada tanggal 3-5 Maret 2023 menjadi salah satu agenda event sport tourism yang menjadi atensi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

 

“Event WSBK yang akan digelar mulai awal Maret nanti mudah-mudahan bisa menarik kunjungan wisatawan,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, saat menggelar kegiatan Zoom Meeting The Weekly Brief With Sandi Uno, Senin 13 Februari 2023.

 

Pihaknya berharap eksistensi lembaga Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok dapat berperan maksimal dalam ikut serta memberikan kontribusinya menyukseskan event olahraga dunia tersebut.

 

Menjawab hal itu, Direktur Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok-Nusa Tenggara Barat (NTB), Herry Rachmat Widjaja, menegaskan dari tahun ke tahun pelaksanaan WSBK di sirkuit Mandalika, Poltekpar Lombok, turut memberikan andil besar dalam pelaksanaan event bergengsi tersebut.

 

“Dari tahun ke tahun pelaksanaan WSBK di Sirkuit Mandalika, sejak tahun 2021, Poltekpar Lombok, selalu hadir disana bertugas untuk memberikan hospitality service dan juga help desk serta pelayanan lainnya yang mendukung kegiatan WSBK ini,” terang Herry Rachmat dihadapan Menparekraf RI.

 

Selain itu, menurut Herry, Poltekpar Lombok juga ikut membantu dalam mendorong pelibatan masyarakat, pengembangan homestay masyarakat disana, serta pengembangan desa wisata.

 

“Tahun ini Poltekpar Lombok akan turun ke 10 desa wisata yang ada di 10 Kabupaten/Kota se-NTB guna mendukung perhelatan-perhelatan yang ada di NTB,” terang pria yang dikenal ramah ini.

 

Tahun 2023 ini, lanjutnya, ada sekitar sembilan (9) perhelatan internasional yang akan dilaksanakan di NTB.

 

“Itu nanti yang akan terus dielaborasi untuk disukseskan oleh Poltekpar Lombok,” tegasnya.

 

Untuk diketahui, ada empat event di Provinsi NTB yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 yang digelar oleh Kemenparekraf/Baparekraf.

 

Keempat event tersebut yaitu Festival Pesona Bau Nyale, Senggigi Sunset Jazz, Gili Festival dan Festival Perang Topat.

 

KEN sendiri telah dilaunching tanggal 28 Januari lalu di Plaza Keong Emas TMII Jakarta yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo secara virtual.

 

Setiap event yang digelar diharapkan dapat menjadi lokomotif atau penggerak ekonomi daerah serta kebangkitan pariwisata Indonesia.

 

Di NTB sendiri, selain WSBK Mandalika yang akan dihelat pada awal bulan Maret sebagai event internasional, akan digelar juga event L’Etape Indonesia yang digelar oleh Tour De France bulan Mei 2023.

 

Selanjutnya event Motocross Grand Prix (MXGP) Samota yang akan digelar di Rocket Motor Circuit pada bulan Juni 2023.

 

Masih di Bulan Juni, event Ironman 70.3 Lombok yang sukses digelar pada Oktober 2022 kemarin, akan kembali menyapa masyarakat NTB. Pesertanya adalah para atlet yang berasal dari puluhan negara di dunia.

 

Sedangkan di bulan Juli 2023 akan hadir event Shell Eco Marathon Asia serta MXGP untuk kedua kalinya akan bergulir Lombok.

 

Di Bulan Agustus 2023, evet olahraga Uci MTB Marathon World Championships akan digelar di Pulau Moyo Kabupaten Sumbawa.

 

Kemudian di Bulan Oktober 2023, event balap motor paling bergengsi sejagat yaitu MotoGP akan kembali digelar untuk kedua kalinya di Sirkuit Mandalika.

 

Selain event internasional di atas, ada sejumlah event internasional lainnya yang akan digelar di NTB.

 

Dalam kegiatan “The Weekly Brief with Sandi Uno” itu, Menparekraf juga berbicara terkait dengan persiapan libur lebaran idul Fitri bulan April mendatang. Agar libur lebaran ini berlangsung aman dan sukses, pihaknya akan menerbitkan Surat Edaran (SE) agar menjadi pedoman semua pihak. 

 

“Kami sudah menyiapkan 15 Posko Mudik, termasuk jalur alternatif jalur lintas selatan. Kita akan buat tim monitoring karena inilah ‘The Mother of All Movement of Domestic Tourism’.

 

“Kita harus pastikan setengah dari 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara tahun ini bisa kita hadirkan dengan momentum liburan lebaran. Kami akan mengeluarkan surat edaran terkait protokol-ptokotol yang harus dipatuhi selama libur Lebaran Idul Fitri tersebut,” kata Sandiaga Uno.

 

Launching Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekpar

 

Dalam momentum itu juga, Sandiaga Salahuddin Uno, melaunching Penerimaan Mahasiswa Baru (PBM) Tahun Ajaran 2023/2024 untuk enam Poltekpar dibawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

 

Pihaknya menekankan kepada seluruh Poltekpar untuk mempersiapkan diri menyambut PMB, serta mempersiapkan fasilitas pendukung lainnya.

 

"Saya minta kepada Buk Sekretaris Menteri supaya mempersiapkan agar semua Poltekpar benar-benar siap menyelenggarakan PMB itu," pintanya

 

Sekretaris Kemenparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani menyampaikan kesiapan pihaknya untuk menggelar kegiatan PMB.

 

Tahun Ajaran ini menurutnya disiapkan kuota sebanyak 3.805 peserta dari enam Poltekpar, dengan target pendaftar pada PMB tahun akademik 2023/2024 ini sekitar 15.000 orang.

 

“Dari angka itu bisa mendapatkan calon lulusan Poltekpar yang unggul, terpilih dan paling bagus,” ujarnya.

 

"Kami juga menyampaikan bahwa, belum setahun lulusan Poltekpar sudah terserap di dunia industri. Bahkan, belum Wisuda pun sudah ada yang bekerja. Contoh saat Wisuda di Poltekpar Bandung, sebagian mahasiswanya sedang diluar  Negeri, mereka langsung di terima salah satu perusahaan tempat praktek," sambungnya.

 

Giri Adnyani menambahkan, PMB ini juga menyiapkan beasiswa 10 persen, dan mendukung pengentasan kemiskinan ekstrem yang diwacanakan pemerintah pusat. Termasuk ada kebijakan khusus bagi anak-anak berprestasi.

 

Oleh karena itu, mencontoh kata Mas Menteri, sapaan akrab Menparekraf, "Mau kuliah, di Poltekpar aja, dan kalau mau cari kerja, kuliah di Poltekpar aja". (GA. Im*)

×
Berita Terbaru Update