Realisasi Fisik Program Dankel Penanae Tahap Pertama Hampir Rampung

Lurah Penanae, Nurhayati Azis, S. Pt.


Kota Bima, Garda Asakota.-

Meski saat ini secara Nasional semua wilayah di Indonesia sedang menghadapi Pandemi Covid19 termasuk di Kota Bima  namun tidak menyurutkan semangat pemerintahan setempat untuk terus membangun. Hal itu terlihat melalui salah satu program kerja yang memasuki tahun kedua pelaksanaannya yaitu program Dana Kelurahan.

Salah satu wilayah di Kota Bima yang saat ini tengah melaksanakan pekerjaan Dana Kelurahan yaitu Penanae Kecamatan Raba yang bisa dibilang pekerjaan fisiknya hingga kini masuk tahap finishing.

Lurah Penanae, Nurhayati Azis, S. Pt, kepada Garda Asakota via ponselnya mengakui bahwa Kecamatan Raba khususnya Kelurahan Penanae mungkin menjadi salah satu wilayah di Kobi yang lebih awal melaksanakan program Dankel tahun 2020.

"Realisasi pelaksanaan Dankel Kelurahan Penanae tahap pertama Alhamdulillah berjalan lancar tanpa kendala dan juga semangat kerja kami untuk membangun Penanae sangat luar biasa," ungkapnya kepada Garda Asakota, Selasa (14/7).

Untuk tahun ini lanjut Lurah, total Dankel  sebesar Rp245 juta yang rencananya fokus menangani 3 item fisik sarana prasarana lingkungan yaitu rabat, talud dan drainase. Namun untuk tahap pertama ini, kata dia, hanya 2 item saja yang bisa dikerjakan yaitu pekerjaan rabat di Rt. 05 dan drainase Rt.10 di tambah penutup drainase di Rt.01.

"Alhamdulillah dukungan masyarakat sangat besar dalam program Dankel ini pasalnya kami pun dalam pelaksanaannya kita terapkan faktor pemberdayaan masyarakat di dalamnya yakni di setiap lokasi pekerjaan.

Dimana selain Pokmas, koordinator pekerjaannya langsung Rt dan Rw dan warga di sekitar lokasi sebagai pekerjanya karena kami percaya bahwa bila di kerjakan oleh warga sekitar maka hasilnya pastilah maksimal sesuai harapan. Masyarakat senang hatiku bahagia," tutup Lurah.

Terpisah Ketua Pokmas Kalate Penanae, M.Saleh, membenarkan apa yang disampaikan oleh Lurah Penanae. "Ya untuk tahap I pelaksanaan Dankel Penanae realisasinya ada yang hampir rampung dan ada yang masih 25 persen pekerjaan fisiknya padahal baru seminggu ini dikerjakan.

"Ini semua berkat partisipasi dukungan warga masyarakat sekitar lokasi yang begitu pro aktif membantu dalam kerangka membangun Kelurahan Penanae yang lebih baik dan maju," pungkasnya. (GA. 003*)

Post a Comment

Previous Post Next Post