Dinas PP dan PA Launching Aplikasi SIRAP dan Website Rumah Aspirasi


Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi SE dan Wakil Walikota Bima, Feri Sofiyan SH, menghadiri launching aplikasi SIRAPP dan Website Rumah Aspirasi Kota Bima.



Kota Bima, Garda Asakota.-


Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bima resmi launching aplikasi SIRAPP dan Website Rumah Aspirasi Kota Bima, pada Kamis 11 Mei 2020 di Aula Kantor Walikota Bima. Launching diresmikan oleh Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi SE didiampingi oleh Wakil Walikota Bima, Feri Sofiyan SH.



Launching yang dilakukan secara virtual ini dihadiri pula oleh Sekretaris Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Kepala Dinas PP dan PA Provinsi NTB, Wakil Ketua DPRD Kota Bima Syamsurih SH, Sekda Kota Bima dan beberapa Kepala Perangkat Daerah Kota Bima.

Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi SE dalam arahannya menyampaikan bahwa penerapan  aplikasi SIRAPP dan website rumah aplikasi ini bertujuan untuk menampilkan sistem pelaporan atau pengaduan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak pada dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kota Bima berbasis android.

"Dengan adanya aplikasi ini diharapkan semakin mendekatkan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat khususnya pengaduan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Bima", harap Wali Kota.

Diapresiasinya pula Dinas Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak Kota Bima, H. Ahmad dan jajarannya, dengan dibantu Tim IT yang telah berkerja keras merancang website dan aplikasi ini.

Berdasarkan pemaparan Narasumber Endang Sri Sumanti ST M.Eng bahwa alur proses pelaporan melalui aplikasi SIRAPP ini pertama pelapor atau masyarakat harus membuka broser dan membuka halaman website https://sirapp-dp3a.bimakota.go.id kemudian pelapor melakukan registrasi untuk pengaduan baru mengisi form pelaporan (admin mengisi laporan pengaduan korban).

Setelah diisi admin memproses pengaduan masyarakat  dan disposisi ke pimpinan. Kemudian pimpinan memberikan rujukan hasil laporan masyarakat tersebut baru masyarakat melihat hasil laporannya dan mencetak hasil rujukan.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa aplikasi SIRAPP yang baru dilauncing memiliki banyak kelebihan jelas diantaranya seperti bisa menerima laporan pengaduan dari masyarakat secara umum, bisa menerima laporan pengaduan terkait kekerasan terhadap perempuan dan anak, memudahkan kepala daerah dan kepala perangkat daerah dalam mengambil keputusan maupun kebijakan ditambah lagi aplikasi ini bisa dibuka secara online lewat android maupun lewat PC/komputer.

Dari sinilah baru dilihat masyarakat yang melapor ini akan ditangani oleh siapa, kemana dan bagaimana penanganannya", jelas Narasumber.

Aplikasi SIRAPP dan Website rumah aspirasi ini dibangun oleh tim IT diantaranya Endang Sri Sumanti, ST, M.Eng, Nanang Agung Nugroho S.Kom, Alfin Fajar Nurrahman S.Kom, dan Fahmi Sutarno SKom. (GA. 212*)

Post a Comment

Previous Post Next Post