-->

Notification

×

Iklan

Dari 105.296, 380 Kertas Suara untuk DPD di Kota Bima Rusak

Monday, March 3, 2014 | Monday, March 03, 2014 WIB | 0 Views Last Updated 2014-03-03T01:49:42Z


Kota Bima, Garda Asakota.-
Diperkirakan 380 lembar Surat suara untuk pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang ditemukan rusak oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima. Ketua KPU Kota Bima melalui Ketua Divisi Logistik, Drs. HM Saleh Abubakar, M. Si, di sela-sela mengawasi puluhan pekerja yang tengah melipat kertas suara, Rabu (26/2), membenarkan kerusakan sejumlah kertas suara DPD.
Dari 105.296 kertas suara DPD yang diterima pihaknya beberapa waktu lalu, memang ada sekitar 380 kertas suara DPD yang rusak.
Kerusakan yang dimaksud, baik kerusakan berat, sedang dan ringan. Mulai dari rusak robek hingga rusak terkena tinta cetakan pada sejumlah nama calon DPD.
Menurutnya, kertas suara DPD yang sudah selesai diproses (pelipatan) sesuai kebutuhan berdasar 171.775 Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2 persen kertas suara tambahan sesuai aturan, berjumlah 103.811 kertas suara. Jika ditambah dengan kertas suara rusak sebanyak 308 lembar serta penambahan 594 kertas suara yang belum dilipat atau masih utuh di dalam kardus, tentu totalnya sebanyak 105.296 lembar kertas suara. Atas kerusakan kertas suara DPD yang diterima setelah dilakukan pro­ses pelipatan, pihaknya selaku penyeleng­gara Pemilu, telah melaporkan pada KPU Provinsi NTB. Hal itu dimaksudkan, agar secara resmi pihak terkait mengetahui ada­nya surat suara rusak, sebelum dilaksanakan pemilihan umum nantinya. “Berita acara kertas suara rusak sudah kami kirimkan ke KPU NTB,” ujarnya.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima pun dihari yang sama, sekitar pukul 14.00 wita telah menerima 103.811 lembar kertas suara untuk pemilihan DPRD Provinsi NTB. Pantauan wartawan, ratusan ribu kertas suara DPRD Provinsi tersebut, diangkat mengunakan truk fusso.
Saat penurunan, sejumlah pihak terkait, baik komisioner KPU Kota Bima, hadir pula komisioner Panwaslu termasuk aparat Kepolisian Resort Bima Kota. Divisi Logistik dan Perencanaan KPU Kota BIma, M Saleh pada wartawan usai penurunan kertas suara mengatakan, kali ini logistik yang sampai merupakan surat suara untuk DPRD Propinsi NTB. Berdasarkan berita acara penerimaa surat suara disimpan dida­lam 104 dus, dimana untuk 103 dus berisi masing-masing 1000 lembar kertas suara dan satu dus berisi 811 surat suara, sehingga total surat suara diterima sebayak 103811.
Kertas suara yang datang, sementara diamankan sambil menunggu pengerjaan pemeriksaan, perhitungan dan pelipatan surat suara DPR RI tuntas dilakukan pekerja. Lebih lanjut pekerja akan melaku­kan pemeriksaan, perhitungan dan pelipatan surat suara DPRD Propinsi yang baru tiba.”Kerta suara akan dihitung kembali oleh petugas berapa sesungguhnya jumlah yang pasti. Apakah sama dengan berita acara,” terangnya. Hingga kini jelas Saleh selaku penanggung jawab logistic pemilu, sudah tiga komponen surat suara pemilihan yang telah diterima oleh KPU Kota Bima, yakni surat suara untuk DPD, DPRD RI dan DPRD Propinsi, sementara untuk DPRD Kota Bima masih menunggu pengiriman lebih lanjut. Ditambahkannya, saat ini dengan sejumlah surat suara ini akan dilihat dengan baik dan perlu dengan hati-hati sebab ini akan fatal bila tak diteliti. Apalagi surat suara itu banyak noda, maka dari itu disarankan olehnya kepada sejumlah pekerja yang melipat surat suara tersebut agar melihat dengan baik. (GA. 355*)
×
Berita Terbaru Update