-->

Notification

×

Iklan

Kelompok Penerima Bantuan PNPM-Mandiri Dinilai Berhasil

Monday, December 27, 2010 | Monday, December 27, 2010 WIB | 0 Views Last Updated 2010-12-27T11:58:19Z
Kota Bima, Garda Asakota.-
Sebanyak 20 kelompok yang tergabung dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Kelautan dan Perikanan (PNPM-Mandiri KP) selaku penerima bantuan, salah satunya kelompok Pembuat Abon Ikan dan Kerupuk Udang, Dinilai berhasil oleh tim Monitoring dan Evaluasi. 
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima, Ir. H. Sarafuddin, MM melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Ir. Juwaid, M.Ap, menjelaskan bahwa kelompok ini merupakan kelompok usaha yang menerima  bantuan melalui Program PNPM-Mandiri KP bahkan dari hasil monev dinilai berhasil karena setiap harinya tetap melaksanakan akitifitasnya dalam pembuatan Abon Ikan dan Kerupuk Udang.
Kepada Garda Asakota, Sabtu (25/12), Juwaid mengaku usaha yang telah dirintis oleh masing-masing kelompok tersebut, minimal bisa dikembangkan lebih jauh lagi agar kelompok betul-betul berhasil, bahkan jika dilihat dari jumlah modal pemberian bantuan awal sudah meningkat hingga 75 persen. “Termasuk masalah kesejahteraan anggotapun demikian, tapi yang penting kreatifitas para kelompok ini yang diharapkan tetap aktif sehingga nantinya kelompok ini betul-betul berhasil,” katanya.
Dijelaskannya bahwa dari 20 kelompok penerima bantuan tersebut, dibagi dalam beberapa jenis usaha termasuk didalamnya kelompok pembuat Abon Ikan dan Kerupuk Udang, jadi semua jenis usaha ini sudah diberikan bantuan berupa modal, dan kini modal tersebut sudah dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dan jenis usaha dari kelompok itu sendiri. 
Dari hasil monitoring dan evaluasi tim terhadap tingkat keberhasilan dari seluruh kelompok penerima bantuan sudah mencapai 70 persen,  dan ini sangat perlu ditingkatkan lagi kapasitas dan kemampuan dari kelompok itu sendiri sehingga nantinya betul-betul menjadi sebuah kelompok yang mandiri. 
“Makanya tujuan dilaksanakan Monev ini, semata-mata untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan dari kelompok itu sendiri,” katanya. (GA. 122*)
×
Berita Terbaru Update