Header Ads

Antisipasi Kepadatan Arus Lalin di Kota Mataram, Sudah Saatnya Pemerintah Pasang CCTV Berbicara

                             
     Kasat Lantas Polresta Mataram, AKP Suherdi.


Mataram, Garda Asakota.-
         Perkembangan teknologi saat sekarang ini yang begitu pesat berimplikasi terhadap kemudahan sektor kehidupan manusia termasuk dalam sektor pelayanan arus kendaraan berlalu lintas di Jalan Raya. Keberadaan CCTV Berbicara yang ditempatkan di setiap perempatan lampu merah paling tidak memberikan kemudahan bagi para petugas Kepolisian Lalu Lintas melakukan pengawasan terhadap terjadinya tindak pelanggaran berlalu lintas dan kejahatan lainnya yang berpotensi terjadi di Lampu Stoppan.
          Kota Mataram sebagai Ibukota Provinsi NTB menurut Wakil Ketua DPRD NTB, Mori Hanafi, SE., M.Comm., sudah sangat layak untuk ditempatkan CCTV Berbicara disetiap perempatan Lampu Merah Kota Mataram. “Khususnya disetiap perempatan lampu merah yang arus kendaraannya sangat padat dan berdekatan dengan fasilitas public lainnya perlu memang ditempatkan CCTV Berbicara untuk memudahkan pengawasan dan pengaturan arus lalu lintas,” ujar pria yang juga merupakan Calon Wakil Gubernur NTB berpasangan dengan Walikota Mataram, H Ahyar Abduh, kepada wartawan Garda Asakota, Rabu (11/10).
       Sementara itu, Kasat Lantas Polres Kota Mataram, AKP Suherdi, sependapat dengan pernyataan Wakil Ketua DPRD NTB tersebut, menurutnya, Kota Mataram sudah sangat layak untuk ditempatkan CCTV Berbicara disetiap perempatan lampu merah yang mengalami kepadatan arus lalu lintas. Wacana ini menurutnya sangat bagus jika bisa diimplementasikan guna mengurai tingkat kemacetan di jalan raya. “Harus ada kesiapan Pemerintah Daerah juga dalam mengupayakan hadirnya teknologi CCTV Berbicara ini. Apalagi dengan tingkat pertumbuhan Kota Mataram sebagai pusat Ibukota Provinsi ini kedepannya mengalami peningkatan yang sangat cepat baik itu pada tingkat jumlah atau kuantitas kendaraan dan tingkat mobilitas kendaraannya akan lebih padat lagi, maka keberadaan CCTV Berbicara ini akan sangat diperlukan sekali,” ungkap pria asal Narmada Lombok Barat ini.
        Keberadaan CCTV Berbicara menurutnya sangat diperlukan dalam memudahkan pemantauan di Jalan Raya guna meminimalisir terjadinya tingkat pelanggaran, terjadinya kecelakaan atau tingkat fatalitas korban kecelakaan, termasuk juga dalam memantau terjadinya tingkat kerawanan yang mengganggu stabilitas keamanan. “Dan ini bisa dipasang pada titik-titik terjadinya tingkat kerawanan macet seperti di Perempatan BI, perempatan Cakranegara, Ampenan, termasuk sepanjang jalan utama di Kota Mataram yang menjadi simpul-simpul terjadinya kemacetan,” pungkasnya. (GA. Imam*).


Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.