-->

Notification

×

Iklan

Sampaikan Amanat Mendagri, Pj Sekda NTB Pimpin Apel Hari Otonomi Daerah XXVlll 2024

Thursday, April 25, 2024 | Thursday, April 25, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-25T10:05:30Z

 

PJ Sekda NTB, Drs Ibnu Salim.



Mataram, Garda Asakota.-

 


Penjabat (PJ) Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, Drs Ibnu Salim, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada saat apel dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah XXVIII, bertajuk "Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat", bertempat di Halaman Kantor Gubernur NTB, Mataram Kamis 25 April 2024.

 


Dalam amanat Mendagri RI, yang dibacakan Abah Ibnu sapaan akrab Pj Gubernur menyampaikan bahwa tema dalam peringatan hari Otonomi Daerah XXVlll diusung untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran pemerintah daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan  masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

 


"Perjalanan Otonomi Daerah selama lebih dari seperempat abad menjadi momentum bagi kita semua untuk memaknai kembali arti, filosofi dan tujuan dari otonomi daerah," ungkapnya.

 


Ditambahkan, dalam konteks ekonomi hijau merupakan salah satu dari enam strategi transformasi ekonomi Indonesia untuk mencapai visi 2045, kebijakan desentralisasi memberikan ruang bagi pemerintah daerah untuk melakukan pengelolaan SDA secara lebih efisien dan berkelanjutan, termasuk transformasi produk unggulan yang semula berbasis produk yang tidak dapat diperbaharui seperti industri pengolahan  pertambangan menjadi produk dan jasa yang diperbaharui dengan memperhatikan potensi daerah seperti Pertanian, Kelautan dan Pariwisata.

 


Kementerian Dalam Negeri juga berkomitmen untuk memperkuat fungsinya dalam Fasilitasi Produk Hukum Daerah yang berfokus pada pembangunan ekonomi hijau untuk mencapai keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat secara holistik.

 


"Fungsi ini bertujuan untuk memaksimalkan peran Peraturan Daerah yang berfokus pada komoditas dan sektor unggulan yang ramah lingkungan dengan memperhatikan aspek fungsi ekologis, resapan air, ekonomi, sosial budaya, estetika dan penanggulangan bencana," pungkasnya.

 


Turut hadir dalam Apel Hari Otonomi Daerah XXVlll diantaranya Wakapolda NTB, Komandan Lanud Zam, Forkompimda NTB, jajaran Kepala OPD, unsur TNI-Polri, dan tamu undangan lainnya. (**)

×
Berita Terbaru Update