-->

Notification

×

Iklan

Terkendala Anggaran, Pelatda PON 21 Dibagi Tiga Grade, Mori Hanafi: Harus Bisa Terlaksana!!

Thursday, March 14, 2024 | Thursday, March 14, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-14T03:01:04Z

 

Ketua Umum KONI NTB, H Mori Hanafi.



Mataram, Garda Asakota.-

 


Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), H Mori Hanafi, terus berupaya dengan keras agar pelaksanaan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 bisa berjalan dengan baik.

 


“Harus bisa terlaksana dengan baik. Sebab kalau tidak, maka tentu akan sangat mempengaruhi prestasi olahraga kita,” ungkap sosok yang baru terpilih menjadi Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) NTB 01 Pulau Sumbawa dari Partai Nasdem kepada wartawan media ini, Rabu 13 Maret 2024.

 


Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) 43 Cabang Olahraga (Cabor) KONI NTB sudah berjalan sejak tanggal 12 Januari 2024.

 


Hanya saja karena kendala keterbatasan anggaran yang dimiliki, KONI NTB sendiri harus membagi pelaksanaan Pelatda kedalam tiga kategori yakni kategori Grade A, Grade B dan Grade C.

 


“Grade A yakni mereka yang mendapat rangking 1 sampai 4 pada saat Pra PON. Jadi peluang emasnya lebih besar. Kemudian kelompok kedua adalah yang grade B yakni para atlet yang pada saat Pra PON meraih rangking 4 sampai 8. Sisanya masuk kedalam Grade C,” jelas sosok yang dikenal energik ini.

 


Dari total jumlah atlet yang akan mengikuti pelaksanaan Pelatda yakni sekitar 261 orang atlet, yang baru mengikuti Pelatda sekitar 152 orang atlet.

 


Sementara sisanya yakni sekitar 109 orang atlet akan diupayakan untuk segera dipelatdakan.

 


“Mudah-mudahan dalam waktu dekat jika ada persetujuan Pemda pelaksanaan Pelatda grade B dan C bisa segera kita laksanakan. Mengingat target medali emas kita di PON 21 nanti adalah 20 emas dan ini target yang gak main-main yang harus dicapai. Makanya pelaksanaan pelatda untuk kelompok grade B dan C ini harus segera dilakukan,” tegas mantan Wakil Ketua DPRD NTB dua (2) Periode ini.

 


Menurutnya, prestasi olahraga NTB di PON 20 Papua dan paska PON 20 tersebut meningkat secara signifikan.

 


Hal ini juga ditandai dengan peningkatan jumlah Cabor dari NTB yang lolos pelaksanaan PON 21 2024 yakni sebanyak 43 Cabor.

 


“Ini sebenarnya sejarah yang menunjukan prestasi olahraga NTB sudah pada jalannya. Biasanya kita hanya mampu meloloskan 26 Cabor saat PON Jabar. Saat PON 20 Papua pun hanya 19 Cabor yang lolos,” kata pria yang dikenal punya tangan dingin dalam meningkatkan prestasi olahraga NTB ini.

 


“Sekarang yang lolos 43 Cabor. Waktu di PON Papua hanya 104 orang, sekarang meningkat menjadi 261 orang atlet. Artinya ini naik 2 kali lipat. Prestasi yang cukup baik,” sambung Mori.

 


Namun dibalik meningkatnya prestasi olahraga NTB, disisi yang lain menurutnya, menghadapi satu kendala utama yakni kendala pada soal ketersediaan anggaran.

 


“Prestasi tinggi, tapi anggaran kita tidak tercukupi. Makanya, kami membuat kreasi dengan membagi Pelatdanya dengan grade, kemudian meminta persetujuan PJ untuk pelaksanaan Pelatda grade B dan C, dan pelibatan pihak swasta harus ditingkatkan,” terangnya.

 


“Nah ketika pelatda ini tidak disegerakan pasti akan berpengaruh terhadap pencapaian target 20 emas di PON 21 nanti. Sebab patokannya itu pada pelatda. Pelatda itukan latihan yang dilakukan secara tersentral selama kurun waktu tertentu. Kalau yang Grade A biasanya 8 bulan.  Kalau Grade B dan C ini bisa dilakukan selama 6 bulan,” pungkasnya. (GA. Im*)

×
Berita Terbaru Update