-->

Notification

×

Iklan

Evaluasi APBD 2024, Ruslan Turmuzi Pesimis APBD 2024 Sehat, Masih Ada Tunggakan Utang 2023

Wednesday, January 3, 2024 | Wednesday, January 03, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-03T13:18:54Z

 




Mataram, Garda Asakota.-

 


Anggota Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), H Ruslan Turmuzi, pesimis APBD 2024 bisa berada dalam kondisi yang sehat.

 


“Belum bisa sehat karena masih ada beban utang 2023 yang jumlahnya lebih dari 260 miliar,” kata pria yang merupakan Ketua Fraksi Bintang Perjuangan Nurani Rakyat (BPNR) DPRD NTB pada Selasa, 02 Januari 2023.

 


Untuk menyelesaikan utang 2023 tersebut, Pemerintah menurutnya telah menyiapkan sejumlah anggaran didalam pos belanja tidak terduga dalam APBD 2024.

 


“Namun jumlah alokasinya masih kurang yakni hanya sekitar 216 miliar sementara jumlah utang 2023 itu sekitar 280 miliar lebih,” sambung politisi senior PDI Perjuangan NTB ini.

 


Ruslan Turmuzi juga mengungkapkan ada 14 poin dari APBD NTB 2024 yang harus dilakukan evaluasi diantaranya seperti ketidakkonsistenan dalam aspek kesesuaian jadwal penyusunan APBD.

 


“Ini yang menjadi evaluasi setiap tahun. Jadi kita minta agar jadwal pembahasan penyusunan APBD bisa dilakukan tepat waktu,” tegas politisi senior PDI Perjuangan NTB ini.

 


Selain itu, perhitungan target PAD menurutnya menjadi hal yang krusial yang harus diperhatikan.

 


“Perhitungan target PAD itu harus dilakukan ulang. Sebab kita selalu mentargetkan PAD itu tetapi tidak pernah mencapai target sehingga hal itu berdampak pada defisit dan timbulnya utang,” ujarnya seraya menyebutkan target PAD itu ditetapkan sebesar Rp3 triliun lebih.

 


Begitupun target restribusi juga menurut politisi senior PDI Perjuangan NTB ini harus dirasionalkan serta rasionalisasi perhitungan perbedaan nilai untuk target pajak rokok dimana ditemukan adanya selisih lebih dari 32 miliar.

 


“Sementara setiap tahun tidak pernah mencapai target. Paling tinggi yang bisa tercapai itu sekitar 80% dari SK,” kata Ruslan.

 


Berbeda dengan Ruslan Turmuzi, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), H Muzihir, justru optimis kondisi APBD Provinsi NTB 2024 akan berada dalam kondisi yang sehat.

 


“Insha Alloh, kondisi APBD 2024 sehat. Semuanya realistis meski defisitnya besar tapi silvanya juga besar yakni sekitar 160 milyar lebih” tegas pria yang juga Ketua DPW PPP Provinsi NTB ini kepada wartawan, Selasa 02 Januari 2023.

 


Penyetoran Dana Bagi Hasil (DBH) dari PT AMNT tahun 2021 sebesar 107 Milyar dan rencana penyetoran DBH PT AMNT tahun 2022 sebesar 170 Milyar menurutnya menjadi salah satu faktor bakal sehatnya APBD 2024.

 


“Belum masuk DBH PT AMNT yang tahun 2023 yang rencananya akan disetor pada 2024. Maka tentu kondisi APBD kita akan berada dalam kondisi surplus. Makanya kami meyakini APBD 2024 ini akan sehat,” ungkapnya.

 


Apalagi menurutnya sisa utang Pemprov NTB kepada pihak ketiga sudah mulai berkurang menjadi sekitar 260 milyar.

 


Tahun 2024 ini menurutnya adalah tahun politik dimana Pemilu 2024 akan dihelat secara serentak disusul dengan perhelatan Pilkada secara serentak.

 


“Tentu konsekuensinya konsentrasi masyarakat kepada perhelatan politik ini. Begitu pun anggarannya akan banyak tersedot kesana seperti Bawaslu dan KPU disamping anggaran-anggaran rutin,” jelasnya.

 


Oleh karena demikian, pihaknya mendorong agar dari sektor pendapatan bisa lebih digenjot dan dalam aspek belanja bisa ditekan agar kondisi APBD bisa benar-benar sehat. (GA. Im*)

×
Berita Terbaru Update