-->

Notification

×

Iklan

Sambut Hari Pahlawan, HJ Nurhaidah Dorong Pemerintah Pusat Tetapkan Sultan Bima Sebagai Pahlawan Nasional

Friday, November 10, 2023 | Friday, November 10, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-10T02:52:13Z

 





Mataram, Garda Asakota.-

 


Momentum Hari Pahlawan Nasional yang jatuh tepat pada Jum’at 10 November 2023, merupakan momen yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia, terlebih bagi masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk mengenang jasa para pahlawan dan para pendahulu bangsa yang telah berjuang melawan penjajah.

 


“Momen hari pahlawan ini menjadi momentum yang sangat penting bagi kita untuk mengenang jasa para pahlawan,” kata Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi NTB kepada wartawan, Jum’at 10 November 2023, di Mataram.

 


Sosok yang akrab disapa Umi Berlian ini juga mendorong Pemerintah Pusat untuk segera menetapkan Sultan Bima, Sultan Muhammad Salahuddin, Sultan yang ke-14 di Kesultanan Bima sebagai salah satu pahlawan Nasional mengingat jasa-jasanya yang sangat besar dalam pergerakan kemerdekaan RI.

 


“Harusnya Pemerintah Pusat dapat segera menetapkan Sultan Bima tersebut sebagai salah satu pahlawan Nasional. Apalagi usulan Sultan Bima menjadi Pahlawan Nasional itu sudah diajukan oleh Pemerintah Provinsi pada zaman Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah, kepada Pemerintah Pusat,” tandasnya.

 


Sementara itu, salah seorang akademisi di Mataram, Salmin, M.Si., mendukung sikap HJ Nurhaidah, Calon Anggota DPD RI Dapil NTB, yang mendorong Pemerintah Pusat untuk segera menetapkan Sultan Bima menjadi Pahlawan Nasional.

 


“Mengingat jasa-jasanya yang sangat besar dalam perjuangan kemerdekaan RI. Selain itu, jasa-jasanya seperti mendirikan Peradilan Urusan Agama yang disebut Badan Hukum Syara’. Ia juga mulai melepaskan pengaruh Hindia Belanda di Kesultanannya dengan melakukan peperangan dan mendirikan berbagai organisasi pergerakan,” pungkasnya.  (**)

×
Berita Terbaru Update