-->

Notification

×

Iklan

Dihadiri Puluhan Ribu Orang, NTB for Palestina Kumpulkan Donasi Rp715 Juta

Sunday, November 26, 2023 | Sunday, November 26, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-26T11:05:22Z

 

Aksi NTB For Palestine di Islamic Center Mataram, Minggu 26 November 2023



Mataram, Garda Asakota.-



Puluhan ribu masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar aksi solidaritas untuk Palestina. Aksi bertajuk “NTB for Palestine” itu berpusat di Islamic Center NTB, dengan luapan massa hingga di sepanjang Jalan Udayana, Kota Mataram, Minggu, 26 November 2023.



Massa sejak pagi tadi berbondong-bondong datang membawa atribut Palestina. Mereka terlihat antusias mengikuti aksi damai kemanusiaan tersebut. 



Dalam aksi solidaritas tersebut, massa menggelar salat gaib untuk Palestina, orasi kemanusiaan, salawat, tablig akbar, doa bersama dan donasi untuk membantu warga Palestina yang saat ini diburu penjajah Israel.



Inisiator NTB for Palestina, M. Arief Sanjani Natsir mengatakan total dana yang terkumpul dalam aksi solidaritas tersebut sebesar Rp715.346.141. 



“Total donasi yang sudah terkumpul hingga pukul 12.00 Wita sebesar Rp715.346.141,” katanya.



Arief mengatakan aksi solidaritas kemanusiaan tersebut menonjolkan kedamaian. Tidak ada massa yang bertindak anarkis dalam aksi NTB for Palestine. 



“Yang kita tonjolkan adalah kedamainan, kelembutan dan lain sebagainya. Doa kita dan ikhtiar kita yang utama. Kita berkolabirasi dengan semua pihak bisa menanggalkan atribut politiknya untuk sementara, tetapi lebih ke isu kemanusiaan yang kita suarakan bersama,” ujarnya.



Dia juga mengucapkan terimakasih kepada aparat kepolisian dan TNI yang telah mengawal jalannya aksi damai kemanusiaan tersebut.



“Terimakasih untuk kepolisian dan TNI yang mengawal aksi kami. Kami komitmen untuk sekali lagi Mataram dan NTB sebagai contoh masyarakat cinta ketertiban, keamanan dan sebagainya,” katanya.



Ketua Forum Kerukunan Ummat Beragama (FKUB) NTB Buya TGH Subki Al Sasaki dalam orasi kemanusiaan tersebut mengatakan hati masyarakat Indonesia, khususnya NTB sangat tercabik-cabik atas kondisi Palestina saat ini yang terus digempur habis-habisan oleh militer Zionis Israel.



"Yang kita bisa lakukan di sini hanyalah menangis, menangis seperti wanita tua, berkumpul dan berkumpul. Hati kami ini tercabik-cabik ketika saudara seiman kami teraniaya. Saudara Palestina kami diambil haknya,” ujarnya.



TGH. Subki Al Sasaki mengajak warga NTB untuk terus konsisten dalam membela Palestina maupun mendoakan dan membantu Palestina dalam mempertahankan tanah mereka.



"Kehadiran kita di sini menjadi bukti dan setetes air mata kita menjadi saksi kelak di hadapan Allah. Di tempat ini terik tidak seberapa dibandingkan perjuangan saudara kita di Palestina,” katanya. 



“Semoga kita diterima Allah sebagai satu saksi ada pertanggungjawaban kita sebagai seorang muslim," ujarnya.



Sementara itu, Habib Hasan bin Zen Alaydrus menegaskan bahwa bukti orang yang mencintai Nabi Muhammad SAW adalah mereka membela Al-Quds. 



Dia juga menyayangkan masih ada orang-orang yang tidak menyukai aksi mendukung Palestina di Indonesia.



“Ini membuktikan bahwa mereka belum mengerti konstitusi. Masak mereka menginjakkan kaki saudara sebangsa mereka yang membela Palestina,” ujarnya.



“Saya berharap panitia bisa mengimplementasikan ini pada warga NTB. Karena yang diperlukan hanya doa dan uluran tangan kita,” katanya.



Selain dibukanya donasi secara online, di tengah acara juga banyak yang langsung menyumbang baik cash maupun secara simbolis. 



"Kami dari Raudlatul Atfal Gunung Sari menyerahkan donasi secara aimbolis senilai 10 juta," ungkap ibu Zuria didampingi  rombongan.



Kotak amal sumbangan juga menjadi rebutan warga yang ingin menyumbang secara langsung dari kocek pribadinya.



Aziziyah yang datang bersama rombongan keluarganya tanpa ingin ditau nilainya mencoba memasukkan beberapa pecahan uang ke kotak amal yang disediakan panitia.



"Semoga bisa menjadi amal kelak dan sedikit tidak bisa membantu perjuangan saudara kita di Palestina," harapnya.



Aksi Solidaritas bertajuk "NTB For Palestine" yang diawali dengan salat gaib itu dihadiri puluhan ribu lebih warga yang berbondong-bondong sejak pagi hingga usai acara.

Sebelumnya aksi yang sama digelar pada tanggal 14 November di hotel Madani Mataram. (**)


×
Berita Terbaru Update