-->

Notification

×

Iklan

HL Gita Ariadi Ditetapkan Jadi PJ Gubernur NTB, Muzihir: Bersyukur Orang Daerah Ditunjuk Presiden

Friday, September 1, 2023 | Friday, September 01, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-01T07:31:23Z

 

PJ Gubernur NTB, HL Gita Ariadi.


 

Mataram, Garda Asakota.-

 


Nama H Lalu Gita Ariadi, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dikabarkan menjadi salah satu nama yang ditetapkan Presiden RI menjadi Penjabat Gubernur NTB.

 


Nama HL Gita Ariadi sebelumnya diusulkan oleh DPRD NTB menjadi Penjabat Gubernur NTB bersama dengan dua nama lainnya yakni Sekjen Kemenag RI, Nizar Ali, dan L Niqman Zahir, Deputi Bidang Administrasi Setjen DPD RI.

 


Wakil Ketua DPRD NTB, H Muzihir, mengaku sudah mengetahui akan adanya informasi terkait dengan penetapan Sekda NTB. HL Gita Ariadi, menjadi penjabat Gubernur NTB.

 


“Hanya saja fisik suratnya belum kita lihat,” ujar Wakil Ketua DPRD NTB, H Muzihir, kepada sejumlah wartawan, Jum’at 01 September 2023.

 


Meski demikian, pria yang juga Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) NTB ini mengaku bersyukur atas penunjukan orang daerah menjadi Penjabat Gubernur oleh Presiden.

 


“Kita bersyukur aja. Orang daerah ditunjuk Presiden,” timpalnya.

 


Ia berharap Penjabat Gubernur NTB yang ditunjuk Presiden RI nantinya dapat segera melakukan langkah penyehatan terhadap APBD NTB.

 


“PR nya hanya menyehatkan APBD. Itu saja. Kalau bisa, APBD kita 2024 bisa sehat. Dan di tahun 2023 ini utang tuntas,” harapnya.

 


Sosok HL Gita Ariadi menurutnya sangat memahami terkait dengan kondisi APBD NTB dan cara menyehatkannya.

 


“Kira-kira dimana ‘bocornya’, beliau juga mengetahuinya. Dan kebocoran itu harus disumpel agar tidak bocor lagi,” ungkapnya.

 


Soal masih adanya tunggakan utang tahun 2022 sekitar Rp100 Milyar serta belum adanya program kegiatan yang dilaksanakan tahun 2023 juga menjadi atensi pihaknya.

 


“Sisa utang sebesar Rp100 Milyar tersebut bisa tuntas tahun ini, insha Alloh. Hanya saja yang menjadi masalah ini adalah tidak adanya program kegiatan yang berjalan di tahun 2023 ini. Padahal ini sudah masuk triwulan kedua. Nah inilah tugas berat PJ Gubernur,” kata H Muzihir.

 


Sementara itu, Wakil Ketua DPRD NTB, Naufar Furqoni Farinduan, menilai sosok HL Gita Ariadi, menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat NTB untuk melanjutkan tongkat estafet pemerintahan sampai dengan terpilihnya Gubernur NTB definitif.

 


“Mik Gita harus segera mengambil langkah cepat melakukan langkah strategis khususnya terkait masalah kondisi keuangan daerah,” ujar pria yang akrab disapa Farin ini.

 


“Tentu harapan dengan Gita menjadi Pj Gubernur otoritasnya lebih kuat khususnya masalah devisit anggaran bisa cepat terselesaikan semoga tidak ada perubahan,” sambungnya lagi.

 


Selain utang di momen politik, ia juga meminta supaya Miq Gita bisa menjaga netralitas ASN. Karena kembali lagi, lanjutnya, PJ itu ditetapkan bukan dipilih dalam kontestasi politik melainkan PJ dalam rangka mengisi kekosongan jabatan gubernur.

 


“Harapan kita sebagai putra daerah tata kelola pemerintahan di daerah tidak beririsan langsung dengan kepentingan politik pihak manapun. Jangan sampai PJ ini berdiri langsung di atas kepentingan politik,” pungkasnya. (GA. Im*)

×
Berita Terbaru Update