-->

Notification

×

Iklan

Kembangkan Kualitas Sepakbola di NTB, Asprov PSSI NTB Gelar Pelatihan Pelatih Sepakbola Berlisensi C Diploma

Wednesday, August 2, 2023 | Wednesday, August 02, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-02T04:55:45Z

 

Ketua Umum Asprov PSSI NTB, H Mori Hanafi.



Mataram, Garda Asakota.-

 


Kemajuan sepakbola Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak hanya diukur dari tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Akan tetapi juga harus didukung oleh tersedianya sumber daya manusia yang berskilled dan profesional.

 


Menyadari akan hal itu, Asprov PSSI NTB menggelar pelatihan Pelatih Sepakbola berlisensi C Diploma sebagai sebuah sarana dalam peningkatan skill dan profesionalisme pelatih yang digelar di Mataram mulai dari tanggal 31 Juli hingga 12 Agustus 2023.

 


“Ini adalah sebuah wujud komitmen kita dalam mengembangkan kualitas sepakbola di NTB,” tegas Ketua Umum Asprov PSSI NTB, H Mori Hanafi, kepada wartawan, Selasa 01 Agustus 2023.

 


Langkah ini tentu saja akan berdampak secara positif terhadap kemajuan sepakbola di NTB.

 


Selain dari sisi jumlah anggota klub bertambah nyaris dua kali lipat, perubahan positif lainnya juga adalah adanya program pelatihan wasit dan pelatih.

 


"Bulan lalu itu kita sudah berhasil menggelar pelatihan wasit, sekarang untuk pelatih," kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum KONI NTB ini.

 


Dia menjelaskan, klub yang berlaga pada Liga 3 NTB menjadi tanggungjawab Asprov PSSI NTB. Oleh karenanya, pelatih klub harus berlisensi C Diploma.

 


"Jadi pelatihnya itu harus berlisensi C. Biar ada penyeragaman kualitas. Karena tahun ini kita wajibkan seragam. Karena kalau enggak berlisensi (C Diploma), tidak bisa ikut kompetisi Liga 3 NTB," urainya.

 


"Intinya (melalui pelatihan ini) kita mau meningkatkan kualitas pelatih. Karena kalau pelatih berkualitas bersertifikasi, tentunya mutu pemain yang dilatih akan jauh lebih baik," sambung Mori Hanafi.

 


Menurut dia, jumlah pelatih yang berlisensi C ada sekitar 30-an orang. Kemudian dua lainnya berlisensi B. Sedangkan untuk pelatih berlisensi A di NTB belum ada.

 


Diungkapkan mantan Wakil Ketua DPRD NTB tiga periode itu, jumlah pelatih yang telah berlisensi C hanya sekitar 10 orang. Ini, tegasnya, menjadi peningkatan besar.

 


Untuk pemberi materi sendiri dalam kegiatan ini telah berlisensi A. Mereka sendiri dari Jakarta. Pembukaanya sekitar 31 Juli hingga 12 Agutus mendatang.

 


"Ini bukan main-main, dari pagi sampai malam. Kita katakan bahwa sepakbola kita menuju kearah baik, meskipun demikian kita masih jauh dibawah," ujarnya.

 


"Dengan pembinaan yang tepat, arah tepat, nantinya bisa berbuat di Nasional dan Internaisonal kita punya pemain berbakat. Jadi butuh pelatih yang handal," sambungnya.

 


Lebih jauh dikatakannya, bahwa kedepan sepakbola NTB akan jauh lebih meningkat lagi dengan adanya program-program seperti ini. "Tidak ada usaha yang percuma. Insya Allah, ketika kita konsisten, pada saatnya nanti kita pasti akan memetik hasilnya," tutup Mori Hanafi. (GA. Im*)

×
Berita Terbaru Update