-->

Notification

×

Iklan

Soal Tunggakan DBH PT AMNT, Gubernur Akan Temui Menkeu RI, Sekda NTB: Komunikasi Tingkat Tinggi Akan Segera Dilakukan

Friday, July 7, 2023 | Friday, July 07, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-07T00:41:52Z

 

Rapat Paripurna DPRD NTB yang digelar pada Kamis 07 Juli 2023.



Mataram, Garda Asakota.-

 


Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H Zulkieflimansyah, dalam waktu dekat ini akan menemui Menteri Keuangan RI untuk membicarakan berkaitan dengan belum diterimanya dana bagi hasil keuntungan bersih dari PT AMNT Tahun Anggaran (TA) 2020-2021 sebesar Rp104 Milyar.

 


“Segera dalam waktu dekat ini pak Gubernur akan menghadap Menteri Keuangan untuk meminta percepatan realisasi anggaran tersebut,” ujar Sekretaris Daerah, HL Gita Ariadi, kepada wartawan usai menyampaikan jawaban Gubernur NTB terhadap pandangan umum Fraksi-Fraksi DPRD atas Laporan LKPJ TA 2022, Kamis 06 Juli 2022.

 


Penyelesaian dana bagi hasil (DBH) keuntungan bersih PT AMNT tersebut menurut Sekda akan diupayakan melalui jalan komunikasi yang akan dilakukan oleh Gubernur NTB.

 


“Makanya komunikasi tingkat tinggi akan segera dilakukan oleh bapak Gubernur dalam waktu dekat. Segera,” ungkap Sekda.

 


Saat menyampaikan jawaban Gubernur didepan rapat paripurna DPRD NTB, Sekda yang mewakili Gubernur NTB itu menyampaikan sudah dua (2) kali Pemprov NTB melalui Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah bersurat ke PT AMNT terkait DBH tersebut. Hanya saja menurutnya belum ada respon positif dari PT AMNT.

 


“Terkait dengan Bagi Hasil Keuntungan Bersih dari PT AMNT, pada dasarnya Pemprov NTB melalui Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah telah 2 (dua) kali bersurat ke PT AMNT yang ditembuskan ke Menteri Keuangan RI dan Menteri ESDM RI agar perusahaan yang bersangkutan segera memenuhi kewajibannya sebagaimana amanah undang-undang nomor 3 tahun 2020 tersebut, namun belum ada respon positif,” ungkapnya dihadapan rapat paripurna Dewan.

 


Akan tetapi, lanjutnya, mengingat hal tersebut telah menjadi atensi tim pemeriksa BPK RI, Pemprov NTB akan terus berkoordinasi sekaligus berkonsultasi dengan Kementerian Keuangan RI maupun dengan pihak-pihak lainnya untuk percepatan realisasi pemenuhan kewajiban PT AMNT tersebut.

 


Rapat Paripurna DPRD NTB yang berlangsung kemarin diruang rapat utama DPRD NTB dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD NTB, H Muzihir, didampingi oleh Ketua DPRD NTB, Hj Baiq Isvie Rupaeda, dan dua (2) Wakil Ketua DPRD NTB yakni Nauvar Furqony Farinduan dan Yek Agil.

 


Selain dihadiri anggota Dewan, rapat paripurna itu juga dihadiri oleh Forkopimda dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah. (GA. Im*)

×
Berita Terbaru Update