-->

Notification

×

Iklan

Hadiri Rakerkab KONI Sumbawa, Mori Hanafi Ajak Seluruh Elemen Tingkatkan Prestasi Olahraga NTB

Thursday, July 13, 2023 | Thursday, July 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-13T10:29:04Z

 

Ketua Umum KONI NTB, H Mori Hanafi, saat menyampaikan sambutan di acara Rakerkab KONI Sumbawa pada Rabu 12 Juli 2023.



Sumbawa, Garda Asakota.-

 


Ketua Umum KONI Provinsi NTB, H. Mori Hanafi terus mengajak seluruh elemen KONI Kabupaten/Kota agar terus meningkatkan prestasi olahraga NTB. "Bersama tingkatkan prestasi olahraga NTB," ajaknya saat menghadiri Rapat Kerja Kabupaten (Rakerkab) KONI Sumbawa, Rabu malam (12/7/2023) di Olive Foodcourt.

 


Menurut dia, Sumbawa menjadi salah satu daerah yang memiliki atlet berprestasi. Pun atlet Sumbawa yang juga mampu menyumbangkan medali bagi NTB di PON Papua XX/2021 lalu.

 


Oleh karenanya, mantan Wakil Ketua DPRD NTB ini pula menegaskan, bahwa trackrecord yang bagus pada PON Papua lalu harus dipertahankan atau bahkan ditingkatkan lagi pada PON selanjutnya.

 


"Ini bisa dilakukan dengan mendukung atlet-atlet asal Sumbawa untuk lolos dari Pra-PON. Menyongsong PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024," kata Mori Hanafi.

 


"Tahun ini dilaksanakan babak kualifikasi PON atau Pra-PON cabang olahraga. Ada 49 cabang olahraga yang rencananya akan diikuti NTB dalam Pra-PON," imbuhnya.

 


Pria yang dikabarkan akan melaju ke Senayan 2024 melalui Partai Nasdem ini juga menyebutkan sejumlah cabor yang mengikuti Pra PON, seperti atletik, tarung derajat, voli pasir, kempo, karate, bulutangkis, petanque, balap motor, tenis meja, tenis lapangan dan lainnya.

 


Lebih lanjut disampaikan Mori Hanafi, bahwa jumlah cabor yang mengikuti Pra-PON ini meningkat dari cabor yang diikuti di PON XX/2021 Papua lalu.

 


Saat itu, kontingen NTB hanya mengikuti 19 cabor dan memperoleh 15 medali emas, 11 medali perak, dan 12 medali perunggu.

 


Sedangkan di PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara, Pemprov NTB menargetkan 20 medali emas.

 


"Sehingga jumlah cabor yang dikuti harus bertambah untuk meningkatkan peluang atlet-atlet NTB mendulang medali emas," demikian Ketua Umum KONI Provinsi NTB ini menerangkan.

 


Rakerkab KONI Sumbawa dibuka langsung oleh Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah. Dikesempatan itu, Bupati mengapresiasi pencapaian prestasi KONI Sumbawa sejauh ini.

 


“Atas nama pribadi dan Pemda Sumbawa, saya mengapresiasi prestasi KONI Sumbawa. Terimakasih kepada Ketua KONI yang dapat ukir prestasi dalam Porprov lalu," tutur Bupati dalam sambutannya.

 


Menurutnya, prestasi para atlet Sumbawa saat porprov lalu sangat baik dan mampu bersaing dengan daerah lain. "Kita mampu bersaing dengan daerah lain yang memiliki fasilitas lebih lengkap," ujarnya.

 


Sementara persiapan PON 2028,  Bupati mengaku Sumbawa siap untuk menyelenggarakan beberapa pertandingan. Apalagi saat ini Pemda telah menyiapkan lahan untuk sport center.

 


"Kami sudah siapkan lahan lebih 60 hektare untuk pembangunan sport center. Mohon dukungan untuk kita siapkan untuk PON 2028," kata Bupati.

 


Untuk pemilihan pengurus KONI baru, Pemda Sumbawa berharap, pengurus yang baru bisa meningkatkan prestasi para atlet di Sumbawa.

 


"Kami harap dengan pengurus mendatang dapat tingkatkan prestasi di kabupaten Sumbawa. Cabor yang selama ini tidak pernah dapat medali, sekarang diharap dapatkan yang luar biasa,” tukasnya.

 


Pelaksanaan Rakerkab KONI Sumbawa sendiri selain dihadiri oleh Pengurus KONI Provinsi NTB, Pengurus KONI Sumbawa, juga dihadiri sekitar 29 ketua atau perwakilan cabang olahraga (cabor). Raker dipimpin oleh Amiruddin selaku Sekretaris Panitia.

 


Diawali dengan penjelasan tata cara dan mekanisme maupun tata cara penjaringan serta persyaratan bakal calon Ketua Umum KONI Sumbawa Masa Bhakti 2023-2027.

 


"Hasil raker adalah menyepakati bahwa kegiatan yang berjalan telah qourum. Karena sebanyak 29 cabor hadir ketua cabor atau  perwakilannya," terang Amir.

 


Dari 29 cabor yang hadir, sebanyak 26 menyatakan mendukung Abdul Rafiq sebagai calon Ketua Umum KONI Kabupaten Sumbawa. Melalui surat dukungan masing-masing cabor, yang diserahkan ke panitia.

 


"Atas hal tersebut peserta rapat membawa hal ini pada Musyawarah Olahraga Kabupaten Sumbawa yang akan digelar pada hari Kamis 13 Juli 2023," terangnya.

 


Peserta Musyawarah Olahraga Kabupaten Sumbawa harus membawa masing - masing mandat dari Ketua Cabor serta pemenuhan persyaratan pencalonan Ketua Umum KONI Sumbawa. (**)

×
Berita Terbaru Update