-->

Notification

×

Iklan

Dukung Mudik Lebaran 2023, PUPR NTB Siapkan 9 Posko Dengan Sistem DRU

Friday, April 14, 2023 | Friday, April 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-14T03:56:16Z

 

Kadis PUPR NTB, Ir H Ridwan Syah. (Foto: Ist*)




Mataram, Garda Asakota.-

 


Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama dengan lintas sektor atau institusi di lingkup Provinsi NTB hari ini, Jum’at 14 April 2023, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pengamanan Idul Fitri 1444 H/2023, di Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) NTB.

 


Salah satu agenda yang dibahas adalah soal kesiapan infrastruktur jalan pada saat pelaksanaan arus mudik sebelum pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H nanti.

 


Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTB, Ir H Ridwan Syah, mengungkapkan kesiapan dan kesiagaan jajaran Dinas PUPR NTB dalam mendukung pelaksanaan arus mudik lebaran 2023 ini.

 


“Jajaran PUPR siaga mendukung mudik lebaran 2023. Kami menyiapkan 9 posko jalur lebaran tahun ini,” ungkap sosok yang digadang-gadang bakal menjadi Bakal Calon Bupati Dompu 2024 ini kepada wartawan melalui pesan singkatnya.

 


Dijelaskannya, total panjang jalan di NTB adalah sekitar 8.034,89 Kilometer yang terdiri atas Jalan Nasional adalah sekitar 934,55 Kilometer. Kemudian jalan provinsi  sekitar 1.484,43 km dan jalan kabupaten 5.625,9 km

 

 

“Sementara untuk tingkat kemantapan jalan nasional saat ini sudah mencapai angka 97,04%. Kemudian tingkat kemantapan Jalan Provinsi mencapai angka 84, 52 %,” ujar pria yang akrab disapa Dae Iwan ini.

 


Pihaknya juga mengingatkan masyarakat pengguna jalan agar mewaspadai adanya beberapa titik kemacetan, titik rawan kecelakaan dan longsor.

 


“Mohon masyarakat pemakai jalan  waspada, ada 11 titik macet, 14 titik rawan kecelakaan dan 17 titik longsor,” ingatnya.

 


Untuk antisipasi kebencanaan yang diakibatkan oleh bencana longsor, Dinas PUPR sudah menyiapkan Disaster Relief Unit (DRU) yang disiapkan di 8 lokasi dengan menyiagakan 9 unit alat berat di Pulau Lombok dan 16 unit alat berat di Pulau Sumbawa.

 


“Alat-alat berat yang disiagakan itu seperti wheel loader, truck crane, motor grader, excavator, dump truck, backhoe loader, pick up dan chain saw,” rincinya.

 


Jelang pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H ini, tingkat koordinasi di lapangan akan semakin diefektifkan antara Kementerian PUPR dengan Dinas PUPR Provinai dan Dinas PUPR kabupaten.

 


“Tugasnya untuk memastikan jalan dan jembatan berada dalam kondisi baik dan dapat melayani. Serta kesiapsiagaan petugas dan alat-alat berat di lokasi rawan bencana longsor dan banjir,” pungkasnya. (GA. Im*)

×
Berita Terbaru Update