-->

Notification

×

Iklan

Pembukaan Porprov NTB Berlangsung Meriah, Waketum Koni Pusat Puji Prestasi Atlet NTB

Sunday, February 19, 2023 | Sunday, February 19, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-19T00:21:15Z
Pengibaran bendera Porprov XI NTB di Lapangan Sangkareang Kota Mataram, Sabtu malam 18 Februari 2023.




Mataram, Garda Asakota.-

 


Laga Pekan Olahraga Provinsi ke-XI 2023 Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) resmi dibuka oleh Wakil Ketua Umum I KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Suwarno, dengan disaksikan Gubernur NTB, DR. H. Zulkieflimansyah, Ketua Umum KONI NTB, H. Mori Hanafi, Wali Kota Mataram, H. Mohan Roliskana, di Lapangan Sangkareang Kota Mataram, Sabtu (18/2/2023), pukul 20.00 Wita.


 

Opening Ceremony pesta olahraga terbesar NTB ini berlangsung meriah. Berbagai hiburan disuguhkan untuk menghibur dan menyemangati para patriot olahraga Kabupaten/Kota yang membela daerahnya di Porprov XI.


 

Acara pembukaan Porprov XI ini tidak saja menghadirkan para delegasi kabupaten/kota. Tetapi utusan KONI Pusat juga turut hadir dan beberapa pejabat tinggi Provinsi dan Kabupaten/Kota.


 

Pembukaan secara resmi Porprov XI Tahun 2023 ditandai dengan penyulutan api Porprov oleh Fadlin, salah satu atlet atletik kebanggaan NTB yang telah banyak menorehkan prestasi gemilang di event nasional maupun internasional.


 

Fadlin didampingi dua atlet berprestasi NTB lainnya, yaitu Dewi Lantari (tolak peluru) dan Alyssa Mutakhara (voli pasir).

 

 

Sebagai salah satu daerah penyuplai stok atlet Nasional, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menuai pujian dari Wakil Ketua Umum (Waketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Mayjen Purn Suwarno.


 

“Kita punya atlet yang mengharumkan nama negara seperti Zohri dan Maria Londa. Provinsi NTB juga merupakan sumber atlet berprestasi, khususnya di Atletik, Voli Pantai, Tarung Drajat, Wushu dan beberapa Cabor lainnya,” ungkap Mayjen Purn Suwarno, saat membuka secara resmi ajang Porprov ke-XI Provinsi NTB di Lapangan Sangkareang Kota Mataram, Sabtu malam, 18 Februari 2023.


 

Suwarno meyakini dengan potensi tersebut, Provinsi NTB akan menoreh prestasi gemilang pada gelaran PON 2024 di Provinsi Aceh dan Sumatra Utara.


 

“Pada PON tahun 2024 ada 64 Cabor yang akan dipertandingkan. Saya meyakini akan muncul atlet-atlet berpestasi baru, seperti di Cabor Pacuan Kuda, Dansa, Selancar Ombak, dan Paralayang,” ujarnya.


 

Pihaknya juga menyebutkan, ajang Porprov XI NTB ini merupakan langkah awal perkembangan olahraga di NTB, pasalnya pada tahun 2028 mendatang, NTB bersama dengan NTT akan menjadi tuan rumah.


 

“Gelaran Porprov XI tahun 2023 di NTB, akan menjadi langkah awal menguji kematangan para atlet menuju PON tahun 2028. KONI telah menunjuk Provinsi NTB bersama NTT menjadi tuan rumah,” kata Suwarno.


 

Sebelumnya Ketua Umum KONI NTB, Mori Hanafi mengatakan, gelaran Proprov XI ini diikuti oleh 4.690 atlet dan ofisial dari 10 Kabupaten/Kota di NTB. Meski dengan anggaran yang kurang, jumlah tersebut dikatakannya jauh melonjak dibanding Porprov 2018 dengan jumlah peserta 3.600 orang.


 

“Anggaran yang terbatas tidak membuat kami mundur dalam pelaksanaan Porprov XI ini. Kami ucapkan terimakasi kepada Gubernur NTB dan Walikota Mataram sebagai tuan rumah,” kata mantan Wakil Ketua DPRD NTB ini.

 


Mori juga mengatakan, gelaran Porprov XI di NTB kali ini menjadi pertaruhan sejauh mana NTB mampu menyelenggarakan ajang olahraga bergengsi. Pasalnya di tahun 2028 mendatang, NTB bersama NTT akan menjadi tuan rumah PON.


 

“Terima kasih sudah menunjuk kami sebagai tuan rumah PON tahun 2028,” cetusnya.


 

Gelaran acara pembukaan Porprov) XI NTB tahun 2023 diawali pawai defile ribuan atlet dan ofisial dari 10 kontingen kabupaten/kota se-Provinsi NTB.


 

Rencananya, Porprov XI NTB 2023 akan berlangsung pada 18 – 26 Februari 2023. Gelaran tersebut akan melangsungkan 475 nomor pertandingan dari 35 cabor. (GA. Im/Ese*)

×
Berita Terbaru Update