-->

Notification

×

Iklan

Hadir di Kegiatan PKKMB STIE Bima, Dandim 1608 Perkuat Pemahaman Kebangsaan dan Bela Negara

Monday, September 19, 2022 | Monday, September 19, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-19T13:58:06Z

 

Dandim 1608/Bima, Letkol Inf Muhammad Zia Ulhaq, S. Sos, saat menerima penghargaan dari Ketua STIE Bima, Firdaus, ST, MM.
 






Kota Bima, Garda Asakota.-




STIE Bima menghadirkan Dandim 1608/Bima, Letkol Inf Muhammad Zia Ulhaq, S.Sos pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi mahasiswa Baru (PKKMB) STIE Bima Sabtu (17/9/2022) pagi. Sebagai upaya memperkuat pemahaman kebangsaan dan bela Negara bagi mahasiswa baru STIE Bima.



Pada kesempatan itu, sang Letkol menanamkan bagaimana peran mahasiswa dalam mengisi kemerdekaan RI saat ini. 


“Kami hanya alat Negara yang bertugas menjaga keamanan dan keutuhan negeri ini. tapi adek-adek yang ada di dalamnya, juga berperan penting ikut mengisi dan menentukan Negara ini aman atau tidak,” tegas putra asli tanah Maja Labo Dahu ini.







Pria kelahiran 1981 itu juga membeberkan beberapa ancaman yang bisa menganggu keutuhan NKRI. Salah satunya seperti tindakan disterintegrasi atau sikap yang memisahkan diri dari kehidupan sosial atau mementingkan kelompoknya dibandingkan dengan kepentingan umum.


“Saya ambil contoh, misalnya di dalam gedung aula STIE Bima ini, kemudia kita bangun lagi gedung yang lain. Apakah itu terlihat indah atau tidak?, jangankan dari segi aturan, dari sisi estetika saja sudah salah,” jelas pria lulusan Akmil 2003 ini.



Menariknya, selama satu jam setengah alumni SMAN 1 Kota Bima tersebut menyampaikan materi dengan habasan yang sangat sederhana dan ringan. Sehingga mengundang interaksi yang aktif dari peserta PKKMB STIE Bima 2022.



Tidak hanya itu, Dandim juga menjelaskan bagaimana peran TNI dalam membangun kolaborasi dengan masyarakat. Termasuk juga melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan.



“Bersama dengan masyarakat, kami melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan. Dengan harapan kita sama-sama memiliki tanggung jawab dalam menjaga keutuhan bangsa kita yang tercinta ini,” tegasnya.



Pada akhir materi, Dandim 1608/Bima, Pada Letkol Inf Muhammad Zia Ulhaq, S.Sos diberikan piagam penghargaan atas kesediaanya memberikan pemahaman Wawasan Kebangasaan dan Bela  Negara bagi Peserta PKKMB. 


Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua STIE Bima, Firdaus ST. MM. Pihaknya ingin mahasiswanya, terutama Mahasiswa Baru mendapatkan pemahaman Wawasan Kebangsaan ini langsung pada ahlinya. "Sehingga bukan hanya teori saja namun juga praktek langsung,” pungkas Firdaus. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update