-->

Notification

×

Iklan

Ramai Pengunjung, Gebyar Wirausaha STIE Bima Berjalan Sukses dan Meriah

Monday, June 27, 2022 | Monday, June 27, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-27T03:34:18Z

 

Beberapa contoh produk hasil kreasi mahasiswa STIE Bima yang ditampilkan saat kegiatan Gebyar Wirausaha.




Kota Bima, Garda Asakota.- 



Gebyar Wirausaha yang dihelat keluarga besar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima selama dua hari yang dipusatkan di  Halaman Museum ASI Mbojo, Sabtu hingga Minggu kemarin  (25-26/6) berlangsung meriah dan ramai pengunjung, terutama pada malam lomba Fashion Show antar pelajar dan mahasiswa.


Pada momen tersebut juga menampilkan ratusan produk hasil kreasi mahasiswa STIE Bima baik produk minuman, snack, dan lainnya.


"Kegiatan gebyar wirausaha ini rutin diadakan tiap tahun dengan agenda fasilitasi kretivitas mahasiswa dalam memproduksi berbagai macam produk UMKM," ungkap Ketua Panitia Gebyar Wirausaha Tahun 2022 Muhajirin, kepada sejumlah wartawan.


Diakuinya, pihaknya sudah membagi kelompok mahasiswa setiap angkatan. Kemudian masing-masing kelompok, kata dia, diwajibkan membuat produk usaha.


"Setiap angkatan terdapat mata kuliah yang menunjang kegiatan wirausaha. Diantaranya Studi Kelayakan Bisnis, Kewirausahaan, Manajemen Event, Komunikasi dan Negoisasi Bisnis dan lainnya. Sehingga kegiatan Gebyar Wirausaha merupakan praktek dari materi kuliah yang diperoleh di kelas.


“Produk-produk tersebut akan dinilai  dosen pengampuh Mata Kuliah masing-masing,” imbuhnya.


Tidak hanya materi kelas saja sambungnya, dosen juga membekali mahasiswa dengan praktek langsung. Hal ini juga dalam rangka penerapan konsep kampus merdeka, merdeka belajar.


“Karena kami ingin, alumni STIE Bima adalah alumni yang handal dan siap dalam menghadapi dunia kerja,” terangnya.


Sementara sejumlah kegiatan digelar untuk memeriahkan Kegiatan Gebyar Wirausaha kali ini sebutnya, Lomba Fashion Show antar pelajar dan mahasiswa. Tidak hanya melibatkan mahasiswa saja, namun juga sejumlah mitra dan sekolah-sekolah tingkat PAUD hingga SMA.


Kegiatan senam sehat yang melibatkan masyarakat umum dan door prize.



Juga ada senam sehat yang melibatkan civitas akademik STIE Bima dan juga masyarakat umum dan dipaketkan dengan pembagian ratusan doorprize.


Tidak hanya fasilitasi kreatifitas mahasiswa, kegiatan gebyar Wirausaha sebagai salah satu bentuk  keseriusan STIE Bima dalam mendukung prodak UMKM di Bima dan Dompu. Hal itu terbukti pada kegiatan tersebut nantinya, tema yang diangkat terkait kain tenunan Bima Dompu.


“STIE Bima secara konsisten terus mengkampanyekan prodak tenunan Bima dan Dompu. Hal itu terbukti dengan digelarnya Fashion Show Tenunan Bima,” pesannya.


Selain hanya mahasiswa, pada Kegiatan Gebyar Wirausaha ini juga diikuti sejumlah kelompok binaan dan mitra kampus biru. “Karena ini kegiatan pertama yang dilaksanakan di luar kampus sejak pandemi, maka kami sengaja libatkan banyak peserta, seperti mitra dan kelompok binaan STIE Bima,” tegas pria asal kecamatan Wawo ini.


Sebagaimana diketahui, Kampus yang dinakhodai oleh Firdaus, ST, MM, ini secara rutin menggelar kegiatan Fashion Show Tenunan Bima. Baik yang hanya melibatkan mahasiswa saja maupun juga pesertanya dari masyarakat umum.


Begitupun dengan kegiatan-kegiatan kewirausahaan atau pesta wirausaha. Mulai dari STIE EXPO, Bazar Ramadhan, Gebyar Wirausaha dan lainnya. Hal itu dilakukan dalam rangkan menfasilitasi dan terus memacu mahasiswanya untuk berpikir kreatif dalam menghasilkan prodak-prodak UMKM yang inovatif dan berkualitas. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update