-->

Notification

×

Iklan

Sebelum Ada Cadangan Kendaraan Baru, Tak Dibolehkan Melelang Mobil Dinas

Tuesday, September 7, 2021 | Tuesday, September 07, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-09-07T00:44:14Z

 




Kota Bima, Garda Asakota.- 


Kendaraan Dinas tentu merupakan bagian penting sebagai kendaraan operasional dalam rangka meningkatkan kinerja di semua OPD lingkup Pemkot Bima. 


Untuk itu,  sebagai ASN di semua tingkatan, diharuskan untuk benar-benar memperhatikan aspek kelayakan dan fungsi utama kendaraan dinas ini.


Di beberapa OPD, ada dinas yang melakukan lelang randis ini sebelum ada cadangan kendaraan baru. Salah satunya adalah di Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bima yang disinyalir melakukan proses pelelangan kendaraan tanpa memiliki kendaraan baru sebagai penggantinya. 


Hal ini menuai respon dari Kabag Umum Setda Pemkot Bima. "Sebelum dilakukan pelelangan mobdis, harusnya ada kendaraan baru sebagai gantinya. 


Kalau memang sudah ada penggantinya dan sudah memenuhi syarat, baru mobdis itu dilakukan pelelangan," ujar Kabag Umum Setda Kota Bima H. Imran, kepada wartawan, Senin (6/9). 


Dijelaskannya bahwa, sebelum dilakukan pelelangan, harusnya OPD terkait mengajukan berkas pelelangan di bagian Aset Kota Bima karena itu sudah menjadi aturannya. "Setahu saya aturan pelelangan sepertinitu, Dinas mengajukan pada bagian aset. Sayapun tak tahu apakah bagian aset sudah melakukan cros cek atau belum," katanya. 


Diakuinya, sementara saat ini Dinas Sosial hanya menggunakan kendaraan bantuan dari Pusat. Tapi semua itu tak ada masalah, karena kendaraan itu bagian kepentingan untuk operasional Negara.  


Saat ditanya belum digantinya beberapa kendaraan dinas di beberapa OPD tersebut, apakah karena kendala keuangan atau bagaimana?. Kata Imran itu bukan karena kendala keuangan. Karena Kota Bima tahun depan akan melakukan pengadaan Mobdis sebenyak 10 Unit. 


Termasuk kendaraan Dinas Sosial, juga beberapa dinas lain. Seperti Dinas Ketenaga kerjaan, juga beberapa kendaraan operasional Kecamatan. 


"Karena kendaraan mereka sudah sepantasnya untuk di ganti. Kalau Dinas Ketenagakerjaan itu ada, namun sudah tak layak lagi. 


Apalagi Mobdis Camat Mpunda dan Raba, itu sudah saatnya untuk diganti," sebutnya seraya kembali memastikan bahwa tahun depan nantinya, kota Bima akan melakukan pengadaan 10 Mobdis.  (GA. 355*)

×
Berita Terbaru Update