Wejangan Bupati Bima: Bencana, Ujian Allah SWT yang Akan Menguatkan Diri

 

Kegiatan Safari Ramadhan Bupati dan Wakil Bupati Bima di Masjid Al Amin Desa Rato Kecamatan Bolo, Jumat malam (16/4).




Kabupaten Bima, Garda Asakota.-


Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melihat bencana sebagai ujian Allah SWT, yang akan menguatkan diri, dan menambah rasa syukur.


Hal itu dikatakan Bupati saat menghadiri kegiatan Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Bima di hari keempat puasa dilaksanakan di Masjid Al-Amin Desa Rato Kecamatan Bolo, Jumat malam (16/4).


Beberapa waktu lalu, kata dia, keluarga di Kecamatan Bolo, telah diuji oleh Allah melalui musibah banjir. Tentunya, memasuki bulan Ramadan ini, masih terselip suasana duka. 


Oleh karena itu, kata Bupati, Pemerintah menyampaikan terima kasih kepada seluruh pemuka agama, masyarakat para alim ulama, Kepala Desa, Babinsa yang sudah saling bahu-membahu membantu masyarakat, menguatkan hati, dan mental masyarakat yang terkena musibah.


‘’Terima kasih atas dukungan masyarakat Kabupaten Bima, moril maupun materil. Yang ada dalam wilayah kabupaten maupun yang berasal dari luar Kabupaten Bima. Itu semata-mata karena adanya rasa kemanusiaan antar sesama,’’ ujar Umi Dinda.



Atas nama Pemerintah, Bupati menyampaikan rasa duka yang mendalam terhadap musibah banjir yang melanda keluarga di Dusun Kampung Sigi dan Kecamatan Bolo pada umumnya.



Selain mengajak elemen masyarakat untuk menjaga shalat tarawih berjamaah selama bulan suci Ramadhan dengan tetap menjaga protokol kesehatan Covid19, ia juga mengajak untuk meningkatkan semangat berbagi kepada sesama dan membangun daerah tercinta. 


"Bersihkan diri dan harta dengan mengeluarkan zakat untuk disalurkan pada keluarga yang masih kurang mampu," ajaknya. Bupati juga meminta agar warga masyarakat menjaga alam agar musibah yang sama tidak terulang lagi.


Pantauan langsung wartawan, selain Bupati Bima hadir dalam kegiatan Safari Ramadhan, Wakil Bupati Bima Drs. H Dahlan HM Noer, Sekda Bima, Drs. HM Taufik HAK, sejumlah Asisten Setda, para Kepala OPD dan pejabat di lingkup Pemkab Bima lainya. 


Hadir pula Ketua TP PKK Kabupaten Bima, Hj Rostiati Dahlan, S.Pd, Camat Bolo dan tuan rumah Kades Rato.


Kabag Prokopim Setda Bima M Chandra Kusuma AP, menjelaskan, Safari Ramadhan di hari ketiga, Jum’at 16 April 2021 itu, menghadirkan penceramah Ustad H Suaidin, S.Pd, M.Pd. 


Pada kesempatan itu pula, pemerintah menyerahkan bantuan sarung dan kerudung untuk jama’ah Masjid Al-Amin. Diserahkan oleh Asisten III Setda Bima, Drs H Arifudin HMY diterima oleh Ketua Pengurus Masjid.  



Sementara itu, Ustadz Drs. H Suadin, M.Pd. dalam ceramah singkatnya mengajak para jama’ah untuk selalu membaca tanda-tanda alam. Menurutnya, banjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu itu adalah salah satu contoh.


‘’Adanya bencana alam tidak lain, karena ulah tangan kita sendiri. Musibah kemarin merupakan peringatan bagi kita agar segera kita benahi,’’ ujar Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Bima ini.


Ustadz  H Suadin mengajak para jama’ah, agar momen Ramadhan tahun ini, dapat memperbaiki ibadah, sujud dan ruku' kita pada Allah. Untuk menambah kekhusu’an kita dalam beribadah. 


"Kita mengubah sesuatu yang tidak baik, menjadi baik. Perilaku tidak baik, menjadi lebih baik. Melaksanakan puasa dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan anjuran Allah dan Rasul-Nya," gugah Ustadz Suaidin. (GA. 212*)


Post a Comment

Previous Post Next Post