Baznas Distribusikan Zakat Konsumtif kepada Mustahik di Kecamatan Donggo


Kabupaten Bima,  Garda Asakota.-

Bupati Bima melalui Asisten 1 Setda Kabupaten Bima menyerahkan secara simbolis zakat konsumtif kepada warga penerima khususnya para Fakir Miskin di Kecamatan Donggo, Senin (27/7).

Ketua Baznas Kabupaten Bima melalui Sekertaris Baznas Sulaiman, SH, menyampaikan kepada Pegurus Unit Pengumpul Zhakat  (UPZ) Kecamatan Donggo bahwa Dana zakat yang berhasil dihimpun oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kecamatan Donggo senilai Rp160.940 juta. "Itu semua seratus persen berasal dari zakat fitrah saja," katanya.

Dana yang diterima oleh Baznas tersebut diserahkan kepada UPZ Kecamatan Donggo dengan penerimaan sebesar 70 persen atau sekitar Rp97.,763.600 juta dan mulai disalurkan dan dibagikan ke fakir miskin yang ada  di Kecamatan donggo oleh UPZ kecamatan dan unit pengumpul zakat yang ada di Donggo  sebesar Rp72.425.700 juta untuk fakir miskin yang ada  di 9 Desa se Kecamatan Donggo.

Pada kesempatan tersebut Asisten I Setdakab Bima, Putarman, SE, menghimbau kepada masyarakat agar selalu taat membayar Zakat supaya bisa dimanfaatkan kembali untuk memberikan bantuan  kepada 8 Asnaf yang berhak menerimanya baik fakir miskin, Lansia dan orang orang  yang membutuhkan.

"Apalagi di tengah  pandemi Covid19 ini," ungkapnya saat menghadiri acara penyerahan zakat konsumtif yang dipusatkan di aula kantor Camat Donggo.

Di tempat yang sama Ketua UPZ Kecamatan Donggo H. Salman H. Kako, SH, menjelaskan  tentang manfaat zakat fitrah maupun zakat maal sehingga wajib bagi setiap umat muslim untuk membayarnya melalui Baznas agar bisa di salurkan kembali untuk Mustahik atau penerima zakat yang benar-benar berhak menerimanya.

"Khususnya mustahik yang ada di kecamatan Donggo. Dan Alhamdulillah untuk UPZ Kecamatan Donggo sendiri pada tahun ini berada di urutan ke 11 dari 18 kecamatan yang ada sebagai unit pengumpul zakat tertinggi di Kabupaten Bima," tuturnya.

Pantauan langsung wartawan, saat proses penyerahan dana tersebut berjalan dengan khidmat dan lancar serta tetap dalam menjalankan aturan protokol kesehatan. (GA. 008*)

Post a Comment

Previous Post Next Post