Meski di Tengah Pandemi Covid19, Setoran Zakat Fitrah di Kobi Alami Peningkatan

Plt Baznas Kota Bima

Kota Bima, Garda Asakota.-

Plt. Baznas Kota Bima merasa bersyukur pada tahun ini setoran zakat fitrah yang masuk mengalami peningkatan cukup tinggi meskipun di tengah suasana dan kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid19).

"Capaian ini luar biasa sekali dan patut kami syukuri karena meskipun di tengah kondisi menghadapi bencana pandemi Covid19 setoran zakat yang masuk cukup meningkat di banding tahun tahun sebelumnya," ungkap Plt. Ketua Baznas Kota Bima, H. A. Bakar Haris, SH, M.AP, kepada Garda Asakota, Kamis (4/6).

Dari total 321 Masjid dan Mushola yang ada di Kota Bima sebanyak 209 Masjid dan Mushola menyetorkan zakat fitrahnya ke Baznas pada tahun 2018 sementara di tahun 2019 ada sekitar 217 Masjid dan Mushola, sedangkan di tahun ini meski masih dalam tahap pendataan namun diyakini mengalami peningkatan. "In Syaa Allah kami yakin tahun ini akan melebihi jumlah pengumpulan zakat tahun-tahun sebelumnya meski di tengah kondisi pandemi corona," terangnya.

Saat ditanya mengenai alasan kenapa sebagian dari Masjid dan Mushola ini tidak menyetorkan hasil Zakat Fitrah ke Baznas, mantan Pejabat Pemkot Bima ini memastikan bahwa di tahun ini pihaknya  akan lebih serius menggenjotnya.

"Kita akan buatkan semacam teguran kepada pengurusnya," sahutnya seraya menyebutkan  bahwa sebagian besar Masjid dan Mushola yang tidak menyetorkan zakat ini ada di wilayah Kecamatan Asakota.

"Dan ada pula masjid masjid besar yang ada di Kota Bima. Saat ini sedang dalam tahap perampungan data. In syaa Allah satu dua hari kedepan akan selesai," pungkasnya lagi. (GA. 003*)

Post a Comment

Previous Post Next Post