Dukung Potensi Wisata, Suryadin Targetkan Asakota Kawasan Bebas Sampah

Camat Asakota, Suryadin, SH.

Kota Bima, Garda Asakota.- 

Untuk mendukung serta memoles potensi wisata di wilayah Kota Bima tentu membutuhkan kesadaran kolektif dari para stakholder di sekitarnya. Dan salah satu permasalahan paling menonjol dalam pengelolaan kawasan wisata adalah keberadaan sampah.

Sebab itulah, mulai tahun ini Camat Asakota dibawah kepemimpinan, Suryadin, SH, berencana akan mencanangkan wilayahnya sebagai kawasan bebas sampah. Untuk mendukung program ini, pihaknya sudah sepakat bahwa di tahun ini akan memprogramkan Kecamatan Asakota sebagai kawasan bebas sampah.

"Sebab untuk mewujudkan wisata yang baik adalah dengan mengutamakan aspek kebersihannya," ujar Suryadi kepada wartawan, Senin (27/1).

Diakuinya, untuk menjalankan program ini setiap kelurahan telah menganggarkan dana untuk pembelian sarana dan prasarana pendukung diantaranya sepeda motor roda tiga, container sampah serta lainnya.

Kendaraan roda tiga sebutnya, dipergunakan untuk mengakut sampah dari rumah warga yang lokasinya jauh dari container. Sementara fasilitas berupa kontainer lanjutnya, akan ditempatkan di depan kantor kelurahan masing-masing. "Dengan tujuan, agar bisa mudah dikontrol seperti komitmen warga untuk membuang sampah pada tempatnya," katanya.

Terkait dengan rencana impelementasi program ini, pihaknya terlebih dulu akan melaksanakan sosialisasi pada warga masyarakat dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran kolektif masyarakat. “Jika program ini sudah berjalan dengan baik, maka yang pasti tahun depan kami akan focus pada pembangunan wisatanya," tandasnya. (GA. 355*)






Post a Comment

Previous Post Next Post