Header Ads

Tercatat, Belasan Rumah Warga Terendam Banjir Gunung di Kelurahan Ule


Kota Bima, Garda Asakota.-

Hujan deras yang mengguyur Kota Bima Senin sore (10/2) hingga tadi malam telah mengakibatkan timbulnya banjir lokal di berbagai wilayah kelurahan yang ada di Kota Bima. Salah satunya adalah di Kelurahan Ule Kecamatan Asakota, yang dilanda banjir gunung.

Sekretaris Lurah Ule, Nahyar Munkar, S.Pdi, yang memantau langsung kondisi banjir mengaku, belasan rumah warga ikut terendam dalam peristiwa tersebut. "Hujan sangat deras dan intensitasnya lama hingga mengakibatkan banjir yang menggenangi beberapa pemukiman warga," ungkap Nahyar kepada wartawan, Selasa (11/2).

Bahkan kata Nahyar, di lingkungan Songgela tercatat ada 6 unit rumah warga diterjang longsor di mana 4 di antaranya mengalami kerusakan. Sementara di lingkungan Kedo tercatat ada 9 unit rumah warga yang tergenang banjir nanun tidak ada yang mengalami kerusakan.

"Sedangkan di lingkungan Tolotongga dan Lewijambu juga terjadi luapan air sungai, tetapi tidak sampai masuk ke rumah warga, hanya menggenangi jalan raya saja," terangnya.

Terhadap warga yang terdampak pihaknya telah melakukan pendataan sekaligus pelaporan ke Instansi terkait seperti BPBD, Dinsos dan Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima. "Dan saat ini kami masih menunggu respon dari laporan kami tersebut," katanya.

Pihaknya berharap warga masyarakat agar sadar untuk tidak melakukan aksi peladangam liar lagi karena akan berakibat buruk terhadap kelangsungan hidup masyarakat banyak. Kepada Pemerintah Provinsi NTB dalam hal ini Dinas Kehutanan untuk segera melakukan reboisasi kembali gunung yang telah gundul akibat dari perbuatan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. (GA. 003*)

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.