Header Ads

Bupati Serahkan Bantuan Peralatan Perbengkelan dan Pembuat Jajan Senilai Rp1,65 Milyar



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Pada Tahun Anggaran 2019, sebanyak 360 Kelompok Industri Kecil dan Mikro (IKM) serta Kelompok Usaha Bersama yang tersebar pada 18 kecamatan di Kabupaten Bima menerima bantuan hibah  mesin, peralatan dan bahan bagi IKM yang bersumber dari APBD Kabupaten Bima senilai total Rp 1,65 Milyar.

Bantuan yang diserahkan berupa mesin perbengkelan roda dua berupa kompresor, perangkat kunci dan alat tambal ban, mesin las dan perlengkapan berupa trafo las, gerinda tangan, bor, gerinda potong dan mesin peralatan mebel.

Peralatan lain yang diserahkan pada kesempatan tersebut yaitu peralatan konveksi, mesin pengolahan pangan, pembuatan kue dan makanan, peralatan tenun dan benang, peralatan pangkas rambut, peralatan baru  cobek, peralatan batako dan peralatan pengolahan kopi.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE,  dalam sambutannya dihadapan Ketua DPRD, Wakil Bupati, Kepala OPD, Camat dan Kelompok penerima bantuan hibah Selasa (7/1) di Kantor Bupati Bima mengatakan, penyerahan bantuan hibah tersebut baru dapat dilaksanakan secara serentak setelah pencatatan SPJ dan adminsitrasi barang diselesaikan.

Pada kesempatan tersebut Bupati mengingatkan para kepala desa untuk cermat dalam mencatat penerima bantuan. "Saya harap para Kepala Desa memastikan dan mencatat setiap warganya yang sudah menerima bantuan dan  yang akan menerima di tahun selanjutnya agar bantuan yang terbatas ini bisa dinikmati bagi setiap masyarakat yang memiliki usaha.

Kepada masyarakat baik yang berwirausaha, nelayan dan petani diimbaunya agar memanfaatkan sebaik mungkin bantuan yang diberikan  pemerintah. “Rawat dan simpan dengan baik peralatan  yang diberikan oleh pemerintah sebagai tanda mata sebagai pengingat sebagai pengikat antara bapak/ibu dengan pemerintah” pesannya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bima, Drs. H. Muzakkir M.Sc dalam laporannya mengungkapkan, nominal bantuan tersebut mengalami peningkatan 24 persen dibanding tahun sebelumnya senilai Rp1,53 Milyar.

“Dalam kurun waktu empat tahun terakhir sejak tahun 2016 hingga tahun 2019, Pemerintah daerah melalui Dinas Perindag telah merealisasikan bantuan  bagi 1.296 IKM dengan total  dana senilai Rp 5,45 milyar”.

Muzakkir juga menegaskan kembali komitmen instansi yang dipimpinnya dalam menumbuh kembangkan IKM. IKM mempunyai kedudukan  yang strategis dalam perekonomian daerah, hal ini dikarenakan jumlah unit usahanya yang besar, menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang banyak dan  produk yang variatif.

"Apabila IKM berhasi ditumbuh kembangkan, tentunya akan memberikan andil yang sangat besar dalam mewujudkan ekonomi daerah yang tangguh dan sektor industri mampu memberikan kontreibusi yang lebih  tinggi terhadap PDRB Kabupaten Bima. (GA. 212*)

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.