Header Ads

Kades Sebut Desa Jia Unggul Dalam Pengelolaan Air Bersih



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Desa Jia yang menjadi duta kecamatan Sape pada Perlombaan Desa tingkat Kabupaten Bima tahun 2019 ini menunjukkan persiapan serius dan menampilkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki desa tersebut untuk meraih predikat Juara.  Dihadapan Tim Penilaian Lomba Desa tingkat kabupaten Bima yang dipimpin oleh Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  (DPMDes)  Kabupaten Bima, Drs Sirajudin AP,MM dan Tim Penilai Independen Dr. Kadri M.Si, bersama 17 anggota,  Kepala Desa Jia, Takwin H. Ahmad Selasa (23/4) memaparkan sejumlah terobosan dan inovasi selama dirinya memimpin desa tersebut.

Pada penerimaan Tim Penilaian Lomba yang dipusatkan di Gedung Serba guna desa tersebut, Takwin mengatakan, desa yang dipimpinnya dihuni 2.745 jiwa dengan 847 kepala keluarga yang mendiami empat Dusun, 9 RW dan 18 RT. "Salah satu inovasi Desa Jia adalah pengelolaan air bersih oleh pengurus yang diangkat melalui musyawarah desa," ungkapnya.

Dengan makin besarnya debit air, warga kemudian bergotong royong membuat bak penampung. Selain untuk konsumsi warga, air bersih tersebut  juga untuk kebutuhan irigasi pertanian. "Masyarakat menyalurkan air melalui perpipaan ke perkampungan yang pendanaannya bersumber dari bantuan masyarakat dan pemerintah," terang Kades. Diakuinya pula, dalam kaitannya dengan tata kelola air bersih tersebut, juga setelah dilakukan musyawarah dalam hal tata cara pengelolaan air bersih, kepengurusan dan pembuatan Keputusan Kepala Desa tentang iuran air bersih. (GA. 212*)


No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.