Header Ads

Satu dari Dua Unit V-SAT di SMPN-6 Satap, Minta "Dihibahkan" ke SMPN-4 Sape

Ilustrasi

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

         Sehubungan dengan dobelnya pemasangan V-SAT (Very Small Aperture Terminal) atau Via Satelit di SMP Negeri 6 Satap Sape yang berlokasi di Dusun Nciri Desa Poja Kecamatan Sape Kabupaten Bima, salah seorang  Guru SMPN-4, Agus Salim, S.Pd.,M.Pd, mengajukan permohonan agar kiranya salah satu dari V-SAT itu dapat dihibahkan atau dipindahkan ke SMPN-4 Sape.

         Kepada Wartawan media ini, Agus sangat berharap di SMPN-4 Sape ada V-SAT dalam upaya peningkatan mutu siswa, selain itu siswa perlu diperkenalkan dengan ITE. Menurutnya, jaringan VSAT adalah layanan tambahan dari penyedia jasa satelit untuk mendukung aplikasi Internet, data, LAN, suara dan faksimili serta VoIP. VSAT sesuai dengan kebutuhan jaringan komunikasi publik maupun private.
 "Alhamdulillah kami sudah lama membangun komunikasi dengan Kepala SMPN-6 Satap Sape terkait Via Satelit itu, hanya saja mungkin terkait pemindahannya tidak segampang membalikkan telapak tangan. Mungkin harus ada rekomendasi terlebih dahulu dari Dinas Kominfo Kabupaten Bima baru bisa dipindahkan," ungkapnya.

         Hal senada juga diakui Kepala SMPN-4 Sape, Suhardin, S.Pd. Kepada Garda Asakota, Rabu (10/5) mengakui pihaknya sudah membangun komunikasi yang baik dengan Kepala SMPN-6 Satap Sape dan sudah ada kata kesepakatan. "InsyaAllah satu V-SAT yang terpasang di SMPN-6 Satap itu akan dipindahkan ke SMPN-4 Sape karena apabila V-Sat dipasang dobel di SMP Negeri 6 Satap Sape daya listriknya tidak cukup karena alat itu membutuhkan daya 1,600 kwh/unitnya," akunya.

         Selain sudah ada kesepakan antara pihaknya berdua, Suhardin, juga akan saya mengajukan permohonan relokasi V-SAT kepada Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bima agar salah satu alat di SMPN-6 Sape Stap dapat dipindahkan di SMPN-4 Sape.

         Menanggapi keinginan ini Kepala SMPN-6 Satap Sape, Dalmadi, S,Pd, kepada wartawan mengaku akan mempersilahkan jika Pusat mengintrusikan untuk memindahkan satu dari dua fasilitas V-SAT di sekolahnya ke tempat yang lain. Dia juga berharap agar satunya dapat dipindahkan di SMPN-4 Sape. "Makanya, saya persilakan kepada Kepala SMPN-4 Sape menghubungi langsung ke Pusat agar salah satu Via Satelit di sekolah kami dapat dipindahkan ke SMPN-4 Sape. Dengan tujuan agar Pendidikan di Kecamatan Sape terutama di SMPN-4 Sape dan SMPN-6 Satap Sape sama-sama maju terutama dalam hal tekhnologi," tegasnya. Dia mengaku, V-SAT itu merupakan bantuan dari Pusat pada tahun 2016 lalu. Kedua alat itu hingga kini masih dimanfaatkan dan dipakai oleh pihaknya. (GA. 333*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.