DP3A Kota Bima Kembali Gelar Kegiatan Pelatihan Manajemen dan Penanganan Kasus

 




Kota Bima, Garda Asakota.-




Kegiatan Pelatihan Manajemen dan Penanganan Kasus kembali digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bima selama dua hari Rabu dan Kamis tanggal 25 sampai dengan 26 Oktober Tahun 2023.



Pelatihan yang difasilitasi oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) DP3A tersebut dihadiri oleh Ketua-ketua Satgas, Ketua PATBM dan Rumah Aspirasi yang mewakili Kelurahan masing-masing. 



Pelatihan ini juga menghadirkan sejumlah Narasumber  antara lain dari Polres Kota Bima Eka Tukiani, SH (Kanit PPA), Nurnazmi, SPd, MSi (Sosiolog dan Akademisi) serta Lily Marfu'atun SH, MH (Advokat Perempuan).



Kadis DP3A Kota Bima, Syahruddin SH, MM dalam sambutannya menyatakan bahwa Manajemen Penanganan Kasus merupakan pendekatan yang tepat dalam merespon kompleksitas permasalahan perempuan dan anak.


Pelaksanaan Pelatihan ini, kata dia, diharapkan dapat menjadi anak tangga bagi suksesnya Penanganan Kasus terhadap Perempuan dan Anak di Kota Bima.



"Keamanan dan keselamatan kaum perempuan dan anak adalah tanggung jawab kita bersama, melalui Pelatihan ini peserta diharapkan mampu mengenali, menela'ah dan mengambil langkah yang tepat dalam menangani masalah kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terjadi di tengah masyarakat," ujarnya.



Dalam pelatihan tersebut juga diwarnai dengan simulasi penanganan kasus. Ada lima kelompok terbentuk dari peserta yang hadir. 


Di akhir sesi masing-masing perwakilan kelompok memaparkan hasil simulasinya, yaitu langkah-langkah serta alur penanganan kasus.


Narasumber dari akademisi Nurnazmi yang mengatur jalannya Simulasi menyatakan, peserta diminta mengimplementasikan secara langsung materi yang diperoleh dari pelatihan tersebut.


"Peserta seperti sedang benar-benar menangani kasus yang terjadi di masyarakatnya. Masing-masing kelompok mensimulasikan 5 kasus yg berbeda, dan hasilnya Peserta mampu memaparkan dengan baik Langkah Strategis serta Alur Penangan Kasus," ungkapnya. (GA. 212*)

Post a Comment

Previous Post Next Post