Buka MTQ di Kecamatan Sanggar dan Soromandi, Bupati Berharap Akan Lebih Banyak Lagi Tercetak Generasi Quran

 

Momen Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, M.IP, saat menyerahkan bantuan kitab suci Al Quran kepada Camat Sanggar dan Camat Soromandi.



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-




Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Sanggar di kantor Camat Sanggar, Jumat (7/7/2023) dan MTQ tingkat Kecamatan Soromandi yang digelar di Lapangan Sowa desa Kananta, Sabtu (8/7/2023) dibuka secara resmi oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, M.IP. 



Saat hadir di Sanggar, Bupati yang hadir bersama para pejabat teras lingkup Pemkab Bima,  Camat Sanggar Ahmad SH, Muspika,  para Kepala Desa dan alim ulama serta elemen masyarakat menjelaskan bahwa Sanggar merupakan kecamatan kedua setelah Lambu, dari 18 kecamatan yang menyelenggarakan MTQ. 


Hal ini menandakan bahwa seluruh desa sudah terlebih dahulu mengawali kegiatan MTQ di tingkat Desa.


"Kita patut berbangga karena setiap tahunnya benar-benar melakukan seleksi para qari dan qariah dari tingkat  desa, kecamatan hingga ke jenjang yang paling tinggi," ungkap Bupati. 



Dewan Hakam MTQ tingkat Kecamatan Soromandi.




Dia berharap, melalui ikhtiar berjenjang tersebut,  ke depan Kabupaten Bima tidak hanya memiliki qari terbaik seorang Syamsuri Firdaus, tetapi akan lebih banyak lagi tercetak generasi Quran yang salah satunya akan kita lihat hasilnya pada pelaksanaan MTQ.


Pada kesempatan tersebut,  Bupati Bupati yang hadir bersama Staf Ahli Bupati, Asisten I dan Asisten III Setda, Kadis Perkim, Kadis DLH, Kadis DKP, dan Kadis Dukcapil menyerahkan sumbangan pribadi  untuk penyelenggaraan MTQ sebesar Rp5 juta. Selain itu juga diserahkan paket kitab suci Al-Quran kepada Camat Sanggar. 


Terkait pelaksanaan MTQ, sebelumnya Ketua Panitia Haryono, S.Pd., M.Si menyampaikan, penyelenggaraan MTQ tingkat Kecamatan Sanggar digelar dari tanggal 7 sampai dengan 12 Juli 2023 dan mempertandingkan 6 cabang mata lomba yang diikuti oleh 139  kafilah.


Sementara itu, saat hadir membuka acara  MTQ XVIII tingkat Kecamatan Soromandi yang digelar di Lapangan Sowa desa Kananta Bupati menegaskan bahwa penyelenggaraan MTQ pada hakekatnya bukan hanya untuk melahirkan Qori dan Qoriah yang meraih juara pada setiap event. 


Tetapi yang lebih penting adalah bagaimana Kabupaten Bima yang sudah mencetak Qori bertaraf Internasional memastikan bahwa semua Taman Pendidikan Quran (TPQ) yang sudah dibentuk pada masing-masing desa benar-benar memiliki guru dan murid. 


Dengan demikian, kata dia, Kabupaten Bima memiliki peluang dan kesempatan yang baik untuk berkiprah pada setiap kegiatan MTQ di masing-masing wilayah.



 Usai memberikan sambutan, Bupati Bima didampingi Camat Soromandi Julkifli, SH., M.Hum, menyerahkan bantuan pribadi senilai Rp5 juta untuk mendukung pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan Soromandi. 


Selain itu 13 kelompok Qasidah  Klasik, Qasidah modern dan dai cilik yang tampil pada acara pembukaan MTQ mendapatkan uang pembinaan dari Bupati Bima. (GA. 212*)

Post a Comment

Previous Post Next Post