-->

Notification

×

Iklan

Sambut HUT Corps POM TNI AD ke-77, Denpom IX/2 Mataram Gelar Berbagai Kegiatan

Friday, June 9, 2023 | Friday, June 09, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-09T11:53:55Z

 

Komandan Detasemen Polisi Militer (Dandenpom) IX/2 Mataram, Letkol CPM Ahmad Subaidy SH MH.



 

Mataram, Garda Asakota.-

 


Berbagai kegiatan menyambut puncak pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Corps Polisi  Militer TNI Angkatan Darat yang ke-77, yang jatuh pada tanggal 22 Juni 2023, dilaksanakan oleh Detasemen Polisi Militer IX/2 Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

 


“Kami awali dengan kegiatan do’a bersama dengan melibatkan seluruh personel Satpomad dan mengundang sejumlah anak yatim pada Selasa 06 Juni 2023. Kegiatan tersebut serentak dilakukan seluruh Indonesia dan Denpom IX/2 Mataram juga ikut terkoneksi secara virtual dengan Pusat,” terang Komandan Detasemen Polisi Militer (Dandenpom) IX/2 Mataram, Letkol CPM Ahmad Subaidy SH MH., kepada wartawan diruangan kerjanya, Jum’at 09 Juni 2023.

 


Rangkaian kegiatan selanjutnya, kata alumnus Fakultas Hukum Universitas Mataram (Unram) ini adalah kegiatan donor darah yang melibatkan personel TNI, Polri, Instansi Sipil, serta stakeholder lainnya.

 


“Dan Alhamdulillah dari kegiatan tersebut, kami berhasil mengantongi 200 kantong darah yang langsung disumbangkan ke Palang Merah Indonesia,” ujar pria yang berdarah asli Kota Bima dan Kabupaten Bima ini.

 


Selanjutnya pada Jum’at 09 Juni 2023, Denpom IX/2 Mataram menggelar kegiatan dharma bhakti atau bhakti sosial dengan membantu merehabilitasi rumah peribadatan agama hindu (Pura) yang berada di lingkungan belakang kantor Denpom IX/2 Mataram.

 


“Kami langsung memberikan bantuan berupa tenaga serta sumbangan berupa material dan mesin pompa atau jetpump. Alhamdulillah kegiatan tersebut disambut baik oleh para pemangku adat serta masyarakat sekitarnya,” terangnya.

 


Rangkaian kegiatan menyambut HUT Polisi  Militer TNI Angkatan Darat yang ke-77, menurutnya masih akan dilanjutkan dengan kegiatan Anjangsana atau silaturahmi kepada para sesepuh atau yang sudah purna tugas.

 


“Insha Alloh, kegiatan anjangsana tersebut akan dihelat pada Senin depan ini. Ada sekitar 34 sesepuh yang sudah purna tugas yang rencananya akan kami datangi. Insha Alloh akan ada cinderamata atau tali asih yang akan diserahkan kepada para sesepuh ini sehingga tetap terjalin hubungan silaturahmi ini,” cetusnya.

 


Pada acara puncaknya nanti yakni tanggal 22 Juni 2023 nanti, akan digelar pelaksanaan apel Corps Polisi Militer yang akan dipusatkan di Markas Besar Pertama Polisi Militer yang ada di Jogjakarta.

 


“Sementara saya menghadiri langsung apel Corps tersebut di Mabes Pertama Polisi Militer di Jogjakarta. Seluruh personel Denpom IX/2 Mataram akan mengikuti apel Corps tersebut secara virtual di Markas Denpom IX/2 Mataram. Selanjutnya nanti akan kita gelar acara syukuran atau resepsinya dengan menghadirkan seluruh stakeholder,” jelasnya.

 


Sebelumnya akan dilakukan terlebih dahulu refleksi sejarah terbentuknya polisi militer di Salatiga Jawa Tengah.

 


“Dulu namanya Polisi Tentara semasih zaman TKR/BKR. Sejarah terbentuknya Polisi Militer ini ada di Salatiga Jawa Tengah. Disitu awalnya dimulai apel dan rapat-rapat pembentukan polisi militer. Dan markas besar pertamanya ada di Jogjakarta,” terangnya.

 


Adapun tema HUT ke-77 Corps Polisi Militer TNI AD Tahun 2023 ini adalah “Corps Polisi Militer TNI Angkatan Darat yang Professional, Modern, Adaptif dan Tangguh Siap Mendukung Keberhasilan Tugas Pokok TNI AD,”. (GA. Im*)

×
Berita Terbaru Update