-->

Notification

×

Iklan

Polandia Puji Program Beasiswa S2 dan S3 Zul-Rohmi, Gubernur: Ini Investasi Jangka Panjang Kita

Tuesday, March 21, 2023 | Tuesday, March 21, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-20T22:41:08Z

 

Wakil Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Piotr Stevan Firius, dan Gubernur NTB, DR H Zulkieflimansyah.



Mataram, Garda Asakota.-

 


Tak terasa masa lima (5) tahun kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), DR H Zulkieflimansyah dan DR HJ Siti Rohmi Djalillah, beberapa bulan lagi akan segera berakhir.

 


Salah satu program NTB Gemilang dalam aspek pendidikan adalah program beasiswa S2 dan S3 ke berbagai Negara besar di dunia.

 


Salah satu Negara tempat penempatan mahasiswa S2 dan S3 asal NTB memperdalam ilmunya adalah Negara Polandia yaitu salah satu Negara yang berada di bagian Eropa Tengah.

 


Wakil Duta Besar Negara Polandia untuk Indonesia, Piotr Stevan Firius, menyampaikan ucapan selamat atas terselenggaranya program beasiswa NTB yang sudah mencapai lima (5) tahun.

 


Polandia sebagai Negara pertama yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dalam menerima mahasiswa beasiswa S2 dan S3 asal NTB, berterimakasih karena telah menerima mahasiswa berbakat dari NTB yang sudah menempuh studi S2 dan S3 di Polandia.

 


“Sejak angkatan pertama tahun 2018, jumlah mahasiswa asal NTB yang menempuh pendidikan di Polandia sudah lebih dari 100 orang,” ujar Piotr saat acara Jumpa Bang Zul di Kantor Gubernur NTB, Senin 20 Maret 2023.

 


Pihaknya mengaku sangat senang karena mahasiswa yang melanjutkan studi magister di Polandia termasuk diantara orang-orang yang akan menciptakan elit di NTB dan di Indonesia.

 


“Pada kesempatan ini saya mengucapkan selamat dan apresiasi atas dedikasi dan komitmen Pemprov NTB khususnya bapak Gubernur serta Timnya. Suksesnya program ini berkat visi dan tekad yang luar biasa dari beliau. Bapak Gubernur, angkat topi untuk anda dan tim anda,” ucap Piotr.

 


Pihaknya mengaku sudah berada di Indonesia hampir empat (4) tahun dan sangat yakin Indonesia dan Provinsi NTB sangat kaya dengan orang-orang muda yang berbakat dan dinamis.

 


Program beasiswa NTB adalah sarana yang sempurna untuk memberikan kesempatan pendidikan yang luas kepada orang-orang yang luarbiasa ini. Mahasiswa muda yang menjanjikan dan menjadi peneliti-peneliti di masa mendatang.

 


“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Pemprov NTB atas pencapaian ini,” timpalnya.

 


Negara Polandia selalu memposisikan pendidikan sebagai prioritas kebijakan publik. Siswa sekolah Polandia termasuk yang terbaik pada survey OECD.

 


“Universitas Polandia menawarkan  pendidikan terbaik dengan kualitas harga yang terjangkau. Polandia adalah Negara yang ramah, aman dan terbuka,” kata Piotr.

 


Mendapat pujian itu, Gubernur NTB, DR H Zulkieflimansyah, mengaku program beasiswa pendidikan S2 dan S3 itu bagi masyarakat NTB merupakan investasi yang sangat berharga dan bersifat jangka panjang.

 


“Kalau program pendidikan ini hasilnya jauh kedepan. Dan NTB akan sangat bangga punya orang-orang yang sangat confidence saat sekarang. Orang-orang yang percaya diri bahwa mereka tidak akan kalah dengan orang-orang bule sehingga ketika ada global events, orang-orang kita tidak lagi minder,” kata pria yang akrab disapa Bang Zul ini.

 


Keberhasilan program beasiswa S2 dan S3 ke Luar Negeri menurutnya diluar dari ekspektasinya.

 


“Ini diluar dari yang kami bayangkan. Dan kedepannya, kita akan coba kirimkan lebih banyak lagi tapi skemanya tidak semata dari APBD tapi juga menggunakan indoman Fund,” kata Bang Zul.

 


Indoman Fund itu adalah sebuah skema dimana perusahaan seperti PT AMNT, PT Sumbawa Timur Mining, Bank NTB Syariah dan perusahaan-perusahaan lainnya menyimpan anggarannya didalamnya.

 


“Kepemilikan uang itu tetap menjadi milik perusahaan-perusahaan itu. Namun uang itu tetap dikelola oleh Fund Manager untuk diinvestasikan di pasar Modal yang lebih tinggi dari bunga Bank. Hasil keuntungannya itu yang kemudian dimanfaatkan untuk membiayai Program Beasiswa,” pungkasnya. (GA. Im*)

 

×
Berita Terbaru Update