-->

Notification

×

Iklan

Hadiri HUT ke-104 Damkar tingkat Provinsi, Wawali Bima Apresiasi Pengabdian Petugas Damkar

Saturday, March 4, 2023 | Saturday, March 04, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-04T14:10:49Z

 

Wakil Walikota Bima, Feri Sofiyan, SH dan Pejabat teras Pemprov NTB, saat mendampingi Sekretaris Daerah Provinsi NTB,  Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si, di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB, Sabtu (4/3/2023).



Mataram, Garda Asakota.-




Wakil Walikota (Wawali) Feri Sofiyan SH, mengikut upacara peringatan (HUT) ke-104 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) tingkat Provinsi NTB, di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB, pada Sabtu (4/3/2023).


Dalam Kegiatan tersebut, Wawali didampingi Kepala Damkarmat Kota Bima, Didi Fahdiansyah ST, MT, beserta jajaran serta mengikutsertakan 1 regu berisi pasukan pemadam 14 orang dan Komanda Regu 1 orang sebagai peserta upacara. 


Upacara yang mengangkat tema Pemadam Kebakaran dan Penyelamat Tangguh, Rakyat Tumbuh, Indonesia Maju itu, diikuti oleh Forkopimda Provinsi NTB, Kepala Daerah Se-NTB, TNI dan Polri, OPD Damkar Kabupaten/Kota se NTB, Relawan, serta dari unsur Mahasiswa.


Salah satu atraksi yang ditampilkan di momentum HUT Damkar tingkat Provinsi NTB.


Dalam upacara itu juga dirangkaikan atraksi Penyelamatan Hewan Liar (Ular), Vertical Rescue (Penyelamatan ketinggian), Fire Ground (Pemadaman Api dengan alat pemadam Api Ringan (APAR) dan Unit Pemadam dengan formasi pemadaman yang disepakati) oleh OPD Damkar Kabupaten/Kota se-NTB.


Serta Pameran Vendor alat-alat pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dan iring-iringan armada Pemadam kebakaran pada beberapa ruas jalan Kota Mataram.


Pada kesempatan itu, Wawali mengenakan jas berwarna biru yang sama dengan PDH Damkar, mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih atas pengabdian, perjuangan, dedikasi petugas Damkar yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran. 


"Semoga Damkarmat Kota Bima semakin Jaya, Tanggap, Responsif dan tetap Survive," harapnya.


Sementara Kepala Damkarmat Kota Bima, Didi Fahdiansyah mengatakan, peringatan HUT Damkar tingkat Kota Bima akan digelar pada tanggal 10 Maret 2023 mendatang. Penetapan jadwal itu, sesuai dengan hasil rapat internal Damkarmat Kota Bima.


Ia mengaku upacara peringatan juga akan dirangkaikan berbagai acara, seperti iring-iringan armada Pemadam Kebakaran di beberapa ruas jalan, lomba ketangkasan penanggulangan kebakaran dan penyelamatan internal, Partisipasi Ibu-ibu DW sebagai sosialisasi dan simulasi pemadaman dan pencegahan Kebakaran.


"Serta tausiyah dan one night camping seluruh aparatur Pemadam Kebakaran Kota Bima di Markas Komando Pemadam Kebakaran Kota Bima," katanya.


Sekretaris Daerah Provinsi NTB,  Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si, yang membacakan amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tito Karnavian, menekankan kepada seluruh Kepala Daerah untuk memberikan atensi penyelenggaraan sub urusan kebakaran di daerah, dengan mengambil langkah-langkah seperti mempercepat pembentukan Damkarmat Mandiri (minimal Tipe C) di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.


Kemudian mengoptimalkan peran Damkarmat dalam memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat melalui prioritas alokasi anggaran. Melakukan percepatan pembentukan dan pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) sampai ke level pemerintahan terbawah.


"Serta melakukan penguatan kapasitas SDM Damkarmat seperti memberi perhatian dan kepastian status kepegawaian aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan yang masih berstatus Non-ASN," ujar Tito seperti dibacakan Sekda NTB. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update