-->

Notification

×

Iklan

STKIP Tamsis Duduki Skor Sinta Tertinggi se-Pulau Sumbawa

Friday, February 10, 2023 | Friday, February 10, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-10T01:12:15Z

 



Grafik Web Sinta Kemendikbud yang menempatkan STKIP Tamsis menduduki skor Sinta tertinggi.



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-



STKIP Taman Siswa Bima terus memberi kejutan. Kampus yang masih berusia remaja ini semakin menunjukkan eksistensinya di kancah Perguruan Tinggi NTB. 


Berbagai program dan event hingga internasional tergerai, kini capaian lain bergenre publikasi yang mengemuka.


Teranyar, Kampus Beradab tersebut sukses menduduki skor Sinta tertinggi berdasarkan Web Sinta Kemendikbud dengan jumlah score 6.855 untuk _SINTA Score 3 Yr_ dan 12.022 untuk _SINTA Score Overall_. 


Bahkan, dari skala rasio dosen, sekolah tinggi berjuluk Kampus Merah itu menjadi yang tertinggi di Pulau Sumbawa, NTB.


Kejutan demi kejutan ini seolah tak pernah putus di kampus pendidikan kebanggan Kabupaten Bima ini. Bahkan Tamsis di tahun 2022 sukses meraih penghargaan dari LLDIKTI sebagai kampus unggul yang terbanyak mendapatkan hibah penelitian dosen pemula. 


Selain itu, Tamsis juga menjadi perguruan tinggi terbanyak memiliki dosen bersertifikat dosen profesional dan kualifikasi PEKERTI. 


“Salah satu upaya yang telah kami lakukan adalah mengumpulkan data data publikasi dosen yang di input di Sinta. Sehingga menjadi skor penilaian Sinta untuk publikasi. 


Dan, kami bisa mengklaim bahwa kami memiliki skor Sinta tertinggi di pulau Sumbawa dari skala rasio dosen,” tutur Kepala Pusat Publikasi Ilmiah STKIP Tamsis Bima, Asriyadin, M.Pd., pada media ini via ponsel cerdasnya, Kamis (9/2/2023). 


Tentu, capaian ini bukan hal yang mudah bagi kampus yang baru 15 tahun berdiri. Munculnya Tamsis di posisi pertama setelah kampus senior lainnya memberikan bukti bahwa, publikasi ilmiah telah menjadi habit. 


Asriyadin menyampaikan bahwa capaian tersebut merupakan hasil kerja akademik dari semua dosen.


“Ini membuktikan bahwa publikasi ilmiah sudah menjadi habit di STKIP Taman Siswa Bima. Terbukti dengan terus meningkatnya point publikasi sebagaimana yang dipublish di sinta.kemdikbud.go.id,” paparnya.


Dijelasknya bahwa angka 6.855 untuk SINTA Score 3 Yr merupakan skor sinta institusi yang meliputi capaian penelitian, publikasi, hak kekayaan intelektual, kelembagaan berupa akreditasi dan point jurnal, pengabdian kepada masyarakat, SDM berupa jabatan fungsional dosen. Aspek 


“Sedangkan angka 12.022 untuk SINTA Score Overall merupakan kinerja dari keseluruhan tahun,” imbuhnya.


Pria yang memiliki hobby mancing ini menambahkan, publikasi dosen di internal STKIP Tamsis Bima terus mengalami peningkatan. 


“Selain untuk tridarma perguruan tinggi, untuk SDM juga mengalami kenaikan. Karena banyak dosen dari asisten ahli naik menjadi Lektor. Begitu juga untuk kategori yang lainnya, juga terus mengalami peningkatan,” papar pria jangkung ini seraya menambahkan harapannya.


“Harapan, ke depan kami bisa konsisten untuk terus melakukan publikasi baik jurnal maupun buku. Pelatihan yang akan dilakukan ke depannya adalah pelatihan cari menentukan jrunal sasaran,” tutupnya. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update