-->

Notification

×

Iklan

Atasi Kisruh BLT Dana Desa, Bupati Bima Akan Terbitkan Perbup Penetapan KPM

Thursday, February 9, 2023 | Thursday, February 09, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-09T01:14:26Z

 

Bupati Bima, Indah Dhamayanti Putri memimpin Rakor terbatas dengan seluruh Camat di Kabupaten Bima, di Pendopo Bupati Bima, Rabu (8/2/2023).



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-




Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri SE mengaku akan menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur tata cara penetapan keluarga penerima manfaat bantuan langsung tunai (KPM BLT) dari dana desa (DD).


Hal itu bertujuan untuk mengatasi kisruh penyaluran BLT yang bersumber dari DD. "Akan diterbitkan Perbup dalam 

menetapkan KPM," kata Bupati dalam Rapat koordinasi (Rakor) terbatas dengan 18 Camat, di Pendopo Bupati Bima, Rabu (8/2).


Ia mengaku Perbup yang diterbitkan nantinya akan merujuk pada kumpulan informasi, data keluarga dan individu anggota keluarga berdasarkan hasil pemuktahiran basis data keluarga Indonesia.


"Atau berdasarkan data pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem (P3KE)," katanya.


Bupati mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan BPK Perwakilan NTB, belum lama ini, penyaluran BLT yang bersumber dari DD pada beberapa Desa di Kabupaten Bima ditemukan bermasalah. Ia meminta para Camat untuk mencermati hasil pemeriksaan tersebut.


"Camat harus lakukan evaluasi dan pengawasan yang lebih intensif terkait penyaluran DD di wilayah Kecamatannya masing-masing," katanya.


Disamping itu, Ia juga mengarahkan seluruh Camat agar tetap memantau kinerja Pemerintah Desa. Memfungsikan serta mendorong para pendamping desa agar melaksanakan tugas berdasarkan regulasi dan aturan yang berlaku.


"Kalau hal ini diterapkan, tata kelola Pemerintahan di Desa akan berjalan optimal," katanya.


Pada kesempatan itu, Bupati berharap para Camat untuk lebih proaktif dan hadir di tengah masyarakat ketika terjadi masalah. 


Sebab kesuksesan yang diraih Pemerintah Daerah tidak lepas dari dukungan semua Camat yang merupakan perpanjangan tangan Bupati dan Wakil Bupati.


"Kita harapkan Camat agar lebih sering berada di tengah masyarakat untuk memberikan himbauan berkaitan dengan kebijakan yang dilaksanakan dan memastikan program kebijakan berjalan dengan baik," harapnya. (GA. 212*)





×
Berita Terbaru Update