Peresmian Koperasi Beradab TSB, Menjadi Cikal Bakal Pusat Inkubasi Bisnis Kampus

 

Andy Edy, M.Pd., dosen pengampu matakuliah Kewirausahaan saat bersama narasumber pada kegiatan seminar Kewirausahaan di STKIP Taman Siswa Bima Kampus II, Jumat (30 Desember 2022)



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-


Jumat, 30 Desember 2022 menjadi hari yang bersejarah bagi STKIP Taman Siswa Bima. Hari itu menjadi hari peresmian Koperasi Beradab TSB. Peresmian koperasi itu dirangkai dengan seminar kewirausahaan dan bazar.


Koperasi Beradab TSB digadang-gadang menjadi cikal bakal pusat inkubasi bisnis STKIP Taman Siswa Bima. Hal itu sesuai dengan ucapan salah satu pemateri yang juga merupakan pakar ekonomi NTB.


"Kalo kita ingin mulai membangun Startup, kita harus membangun lembaganya dulu. Misal pusat  inkubasi bisnsi."  Ucap Dr. Firmansyah, S.E., M.Si. saat menjelaskan pentingnya inkubasi bisnis untuk kampus.


Ucapan itu direspon oleh Ketua STKIP Taman Siswa Bima Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si, dengan menyiapkan dan meresmikan Koperasi Beradab TSB.


Koperasi Beradab TSB diresmikan di akhir acara seminar. Peresmian itu disaksikan langsung oleh Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dinas Koperindag, pakar ekonomi NTB, dan semua hadirin yang memenuhi lapangan multifungsi.


Koperasi Beradab TSB adalah dari mahasiswa untuk mahasiswa. "Mahasiswa punya kreativitas, tapi tidak dapat dikembangkan tapi tidak punya biaya. Sehingga mahasiswa mengumpulkan biaya, agar kreativitas itu bisa tersalurkan." Ucap Pak Andy Edy, M.Pd, sebagai pembina koperasi dan pengampu mata kuliah kewirausahaan.


"Koperasi ada tiga usaha, yang pertama, konsumsi, kedua atk, ketiga simpan pinjam syariah. Tiga usaha itu berangkat dari masalah yang ditemukan di sekitar kampus." Lanjut pria kelahiran Sumbawa itu saat menjelaskan tentang unit usaha koperasi.


Proses pembentukan Koperasi Beradab TSB dimulai dari mata kuliah kewirausahaan. "Prosesnya, dari mata kuliah, proses diskusi dengan berbagai pakar dari pelaku dan dinas. Berangkat dari hasil diskusi itu, mahasiswa memantapkan untuk membuat koperasi." Ujarnya.


Hingga saat diresmikan, Koperasi Beradab TSB sudah memiliki 25 anggota yang juga sebagai pendiri koperasi.


 "Jumlah pendiri sekaligus anggota kopma adalah 25 orang. Semuanya dari semester tiga. Semua struktur organisasi ditempati oleh mahasiswa," pungkasnya. (GA. 212*)

Post a Comment

Previous Post Next Post