-->

Notification

×

Iklan

Pemkot Bima Serahkan Sejumlah Bantuan untuk Kebutuhan Para Petani

Wednesday, November 30, 2022 | Wednesday, November 30, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-30T07:20:07Z

 

Penyaluran salah satu paket bantuan untuk para petani di Kota Bima.




Kota Bima, Garda Asakota.- 


Pemerintah Kota Bima Rabu (30/12/2022), melakukan penyerahan secara simbolis bantuan pemerintah kepada para petani di Kota Bima. 


Kegiatan tersebut, dihadiri Walikota Bima, Asisten I Setda Kota Bima, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan beberapa Kepala Dinas lainnya.


Di kesempatan itu, Walikota Bima menyampaikan beberapa hal terkait kebutuhan para petani, terutama sekali mengenai penyaluran pupuk bersubsidi. 


Secara khusus Walikota memberikan penekanan agar pupuk bersubsidi harus sesuai dengan ketantuan dan peraturan yang berlaku. 


"Jangan lagi ada penyimpangan dan tindak tegas setiap oknum yang melakukan penyaluran pupuk bersubsidi tidak sesuai aturan yang berlaku," tegasnya. 


Tak hanya itu, dia juga menyampaikan, bahwa Pemkot Bima akan selalu membantu petani dalam penyediaan dan penyaluran bantuan benih pertanian, terutama benih unggul yang umur pendek seperti varietas Cakrabuana Agritan. 


Sehingga kedepannya, Pemkot Bima, juga mendorong BUMD untuk dapat menghadirkan benih padi varietas M70D.


 

"Saya sudah memohon kepada pak Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan RI, agar benih tersebut (M70D) dapat dihadirkan di Kota Bima agar petani Kota Bima dapat melakukan budidaya padi menggunakan benih unggul umur pendek untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian," katanya.


Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Kota Bima Sulistiyanto, S.Pt dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama lima tahun terakhir, sudah banyak bantuan yang diberikan pemerintah kepada petani yang ada di Kota Bima. 


Untuk tahun 2022 ini, lanjut Sulis sejumlah bantuan sarana dan prasarana pertanian yang disalurkan untuk menjawab kebutuhan petani dan permalasahan yang ada di lapangan dalam upaya peningkatan produktivitas hasil pertanian di Kota Bima. 


Kedepan, bantuan serupa akan terus diupayakan peningkatan penyaluran bantuan dan pemberdayaan bagi para petani, baik itu dalam hal penyediaan benih unggul, pembangunan/perbaikan prasarana pertanian dan lain sebagainya serta terus melakukan pendampingan  proses budidaya kepada petani. 


Dalam pelaksanaan fungsi pelayanan di lapangan kami memiliki Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yaitu para personil siap pakai dan siap melayani petani kapanpun. 


PPL ini merupakan ujung tombak Dinas Pertanian di lapangan yang bersentuhan langsung dengan petani setiap saat, pengetahuan yang terus di update agar bisa menghadirkan inovasi baru bagi para petani dalam upaya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan mereka. 


Pada kegiatan itu, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis beberapa paket bantuan pemerintah tahun 2022 oleh Walikota Bima didampingi Asisten I Setda Kota Bima dan beberapa kepala dinas yang hadir. 


Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Abdul Najir, S.Pt.,M.M, menyampaikan bahwa paket bantuan pemerintah untuk tahun 2022 terdiri dari bantuan alat corn sheller sebanyak 3 unit, power thresher multiguna sebanyak 3 unit, bangunan dan alat UPH jagung 1 paket. 


Benih padi dan sarana produksi bagi petani produsen benih seluas 28 ha, sarana produksi tanaman sayuran seluas 2 ha, sarana produksi tanaman bawang putih seluas 12 ha, benih padi varietas unggul seluas 1358 ha, bibit pisang 640 batang, paket hidroponik 3 unit, benih dan bibit perkebunan 52 ha, alat perajang tembakau dan para-para 4 unit, UPPO 4 unit dan beberapa peralatan pertanian prapanen lainnya. 


Menurut Najir, bantuan benih padi unggul varietas Cakrabuana Agritan seperti yang disampaikan Walikota Bima yakni benih hasil produksi Kota Bima dari Kegiatan Pengembangan Petani Produsen Benih Tanaman Pangan (P3BTP) untuk Komoditas Padi Inbrida di Kecamatan Asakota. 


Jadi ini dimaksudkan untuk menggairahkan usaha perbenihan padi yang dilakukan oleh para petani di Kota Bima. Kedepannya mereka akan terus diberdayakan agar hasil produksi mereka tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan benih Kota Bima saja. Namun untuk memenuhi kebutuhan daerah-daerah lainnya di NTB. 


Dinas Pertanian Kota Bima menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Walikota Bima atas dukungan yang diberikan dalam upaya pembangunan sektor pertanian di Kota Bima, beliau sangat konsen dengan urusan pertanian 


Pada kegiatan itu, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis beberapa paket bantuan pemerintah tahun 2022 oleh Walikota Bima didampingi Asisten I Setda Kota Bima dan beberapa kepala dinas yang hadir.  (GA. 355*)

×
Berita Terbaru Update