-->

Notification

×

Iklan

Hebat, Siswi MTsN 01 Kota Bima Raih Juara II Nasional di Ajang Olimpiade Bahasa Arab

Tuesday, November 8, 2022 | Tuesday, November 08, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-08T00:11:37Z

 

Khalifatul Nur Adlilah, usai menerima piagam penghargaan.



Kota Bima, Garda Asakota.-



Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 01 Kota Bima kembali torehkan prestasi yang membanggakan di level Nasional.


Salah satu siswinya, Khalifatul Nur Adlilah, berhasil menyabet juara 2 dalam lomba Olimpiade Bahasa Arab (OBA) tingkat Nasional yang digelar Forum MGMP Bahasa Arab se Indonesia di Jakarta belum lama ini.


Siswi  kelas IX MTsN 01 yang mengambil jurusan Boarding School putri dari Bapak Sirajudin Dosen Politekpar Lombok dengan Erni Kurniati PNS pada BKD dan Diklat Kabupaten Bima ini berhasil meraih Juara II kategori MTsN, mengungguli peserta dari perwakilan 34 provinsi lainnya seluruh Indonesia, di mana jumlah pesertanya sendiri yang mengikuti Olimpiade Bahasa Arab ini sebanyak 780 orang.


"Siswi kami tersebut selama ini memang dikenal aktif pada kegiatan Bahasa Arab MTsN 1 Kota Bima dibawah asuhan guru pembina Titik Nurhidayati, S.Pd," terang KTU MTsN 1 Kobi, M. Fadhil, kepada Garda Asakota, Senin (07/11/2022).


Keikutsertaan MTsN 1 Kota Bima dalam Lomba Olimpiade Bahasa Arab (OBA) ke-5 tahun 2022 merupakan sebuah tuntutan karena kompetisi merupakan ajang untuk mengasah pengalaman dan kemampuan siswa setelah dilakukan kegiatan pembinaan dalam bidang Bahasa Arab telah diprogramkan pihak madrasah.


"Termasuk MTsN 1 Kota Bima yang selama ini terus mendorong dan memfasilitasi siswa untuk rutin mengikuti kompetisi dalam berbagai bidang," katanya.



Dalam ajang itu, MTsN 1 Kota Bima mengutus 2 orang siswa yang mewakili MTs Negeri tingkat Nasional.


"Setelah pengumuman minggu, 06 November 2022 salah satu siswa kami ini sukses meraih juara 2 Olimpiade Bahasa Arab (OBA) ke-5 Tahun 2022 tingkat Nasional kategori MTs Negeri yang di gelar di Jakarta dan atas prestasi ini, Khalifatul berhasil membawa pulang piala dan sertifikat juara.


Alhamdulillah, prestasi ini diraih berkat andil dan kerja keras ibu Titik Nurhidayati guru pembina aktif Bahasa Arab di sekolah kami," ujarnya.


Sebelum tembus ke pentas nasional mewakili NTB, kata dia, Dilah telah melewati proses seleksi dan tahapan lomba yang panjang secara berjenjang mulai dari tingkat Kota, lalu berlanjut ke seleksi tingkat provinsi dan berhasil meraih Juara I hingga diutus mewakili NTB di tingkat Nasional.


Sementara itu Kepala MTsN 1 Kota Bima Drs. H. M. Adnan, menyampaikan apresiasinya. Ia menegaskan bahwa capaian prestasi yang diraih guru dan siswi memang tidak mudah karena butuh proses pembinaan yang telaten dan terukur. 


Menurutnya, pembinaan harus dilakukan secara konsisten dengan pengawalan dan monitoring serta evaluasi rutin dari pihak unsur pimpinan madrasah sehingga program pembinaan bisa berjalan dan dapat menuai hasil yang terus mengalami peningkatan. 


"Alhamdulillah dengan konsistensi pembinaan dan semangat siswa yang luar biasa," tuturnya. (GA. 003*)

×
Berita Terbaru Update