-->

Notification

×

Iklan

PD Aisyiyah Kabupaten Bima Gelar Pelatihan Pengurusan Jenazah

Friday, October 14, 2022 | Friday, October 14, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-14T03:46:16Z

 

Pemateri, Ustadzah Hj. Siti Rohana Usman, sedang mempraktekan tata cara pengurusan jenazah.




Kota Bima, Garda Asakota.-


Pengurus Daerah Aisyiyah Kabupaten Bima Rabu kemarin (13/10/2022) mengadakan kegiatan Pelatihan Pengurusan Jenazah yang berlangsung di Sekretariat Yayasan  Al-Mahasin Bima, Jln. Sultan Hasanuddin No. 4 Paruga Kota Bima.


Adapun pesertanya terdiri dari Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten dan Kota Bima, anggota Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten dan Kota Bima, anggota IMMwati (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Wati) Cabang Bima, IPMwati (Ikatan Pelajar Muhammadiyah wati) Cabang Bima.


Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Bima, Dra. Nur Fahaty, M.Si, menjelaskan bahwa pengurusan jenazah merupakan kewajiban setiap muslim dan hukumnya fardhu kifayah. 


Kegiatan seperti ini, kata dia, merupakan proses kaderisasi positif agar dapat mengenal, memahami dan memiliki kemampuan cara penyelenggaraan jenazah mulai dari memandikan, mengafani, mensholatkan dan menguburkan dengan tujuan untuk menyucikan jenazah agar menghadap Allah SWT dalam keadaan suci dan tata cara pengurusanya sesuai sunnah.


"Seperti diketahui bahwa dalam Islam hukum mengurus jenazah adalah fardhu kifayah, itu artinya diantara umat Islam diwajibkan memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan bagaimana caranya memandikan, mengkafani, mensholatkan, dan menguburkan jenazah," ungkap Ibu Nety, sapaan akrab Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Bima.


Dia menegaskan bahwa, pelatihan yang diadakan pihaknya ini sesuai dengan ketentuan syariat islam, maka dari itu, kegiatan ini wajib dilaksanakan agar setiap umat muslim tau tata cara penyelenggaraan jenazah dengan baik. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update