-->

Notification

×

Iklan

Kantongi Dokumen Penting, KPK Agendakan Pemeriksaan Lanjutan di Gedung Merah Putih

Friday, October 14, 2022 | Friday, October 14, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-14T06:32:50Z

 

Suasana kantor BPKP Perwakilan NTB saat sedang berlangsungnya pemeriksaan sejumlah kontraktor Bima oleh KPK, Kamis kemarin (13/10/2022). Foto; Ist



Mataram, Garda Asakota.-

 


Sepertinya, rangkaian pemeriksaan belasan Kontraktor Bima oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di gedung BPKP Perwakilan NTB Mataram sudah berakhir.  


Salah satu ruangan yang sebelumnya dipakai proses pemeriksaan, pantauan wartawan sejak  Kamis  sore, 13 Oktober 2022 dalam kondisi kosong. 


Delapan orang tim KPK yang diantaranya  diketahui bernama Desy dan Immanuel sudah meninggalkan ruangan Mandalika Kantor BPKP NTB yang selama ini dipinjam untuk aktivitas pemeriksaan. 


Kabag Tata Usaha BPKP NTB, Irwan Supriyadi membenarkan informasi berakhirnya peminjaman ruangan. 


“Tadi sebelum Pukul 16.00 mereka sudah pamit. Artinya  durasi waktu peminjaman gedung sudah berakhir,” kata Irwan, Kamis sore. 


Setidaknya ada tiga ruangan yang sempat dipinjam pakai, selain ruang  Mandalika, beberapa  orang diperiksa terpisah di ruang Rinjani. Intensinya pemeriksaan membuat tim penyidik harus meminta tambahan. 


Satu lagi yang dipinjam pakai adalah ruangan Dharma Wanita. Semua ruangan tersebut berada di lantai dua gedung berlantai tiga tersebut. 


Berakhirnya proses pemeriksaan ini bukan berarti rangkaian penyelidikan selesai.  Karena setelah menyita 23  jenis dokumen transaksi keuangan  kontrakor, KPK akan melanjutkan pemeriksaan para saksi. 


“Beberapa hari lagi, saya ke Jakarta. Karena  akan ada pemeriksaan lanjutan di  gedung KPK,” sumber kepada wartawan. 


Sumber yang teridentifikasi sebagai informasi kunci dalam kasus dugaan pencucian uang dan gratifikasi pejabat Kota Bima itu, juga akan masuk dalam list pemeriksaan KPK. 


Selain dia, ada dua kontraktor yang akan dilanjutkan pemanggilan ke gedung merah putih KPK di Jalan Kuningan Persada Kavling 4, Jakarta Selatan. 


“Nanti si RAS dan MM akan dipanggil juga, karena mereka saksi kunci di kasus ini,” jelasnya, sembari menginformasikan,  perkiraan dia pemeriksaan akan berlangsung pekan depan. 


 

Pemeriksaan lanjutan ini dikaitkan dengan bukti bukti yang sudah disita KPK  saat proses pemeriksaan Selasa-Kamis, 11-13  Oktober 2022 lalu. 


Sedikitnya ada 23 data rekening bank milik kontraktor yang dimintai keterangan, disita KPK sebagai barang bukti. 


Diantara 23 dokumen bank itu terdiri dari 16 slip bank dan 7 rekening koran. Semua dokumen itu berupa slip pencairan dan print out rekening koran 15 perusahaan yang terkait dengan indikasi gratifikasi dan pencucian uang. 


Dari data yang diperlihatkan, berupa slip pencairan dan setoran dengan nilai paling rendah Rp100 juta dan ada juga senilai Rp1 Miliar. 


Diperlihatkan juga daftar atau list dokumen yang disita KPK berdasarkan urutan dokumen, mulai dari slip hingga print out rekening koran.


Masih kata sumber, dokumen transaksi itu didominasi milik MM, Direktur PT. RKJ yang diduga sebagai operator pendistribusian uang dari hasil pekerjaan 15 perusahaan pemenang lelang selama lima tahun terakhir.  (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update