Tamsis Beradab Rujukan Pembelajar Literasi, Berbagi Praktik Baik di Podcast Kemendikbudristekdikti

 

Ketua LPPM STKIP Tamsis Bima, Anisah, M.Pd, saat berbagi cerita tentang praktik baik, di PODCAST Badan Standar Kurikulum, Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemdikbudristek. 





Kabupaten Bima, Garda Asakota.-



Melalui Program Gerakan Masyarakat Sadar (Gemar) Literasi, STKIP Taman Siswa Bima (Tamsis Bima) yang bermitra dengan Inovasi dari Pemkab Bima terus bergerak meningkatkan angka literasi di Kabupaten Bima. 



Gerakan massif yang dilakukan sejak 2020 tersebut mendapatkan hasil yang dinilai sangat baik. 


Untuk berbagi cerita tentang praktik baik, Ketua LPPM STKIP Tamsis Bima, Anisah, M.Pd., diundang di PODCAST Badan Standar Kurikulum, Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemdikbudristek. 


“Sejak tahun 2020 hingga saat ini, STKIP Taman Siswa Bima aktif melaksanakan kegiatan Relawan Literasi yang diintegrasikan dalam kegiatan PPL KKN. Relawan Literasi yang awalnya difasilitasi oleh INOVASI (Program Kemitraan Pemerintah Indonesia-Australia) sebagai upaya meningkatkan literasi di Kabupaten Bima melalui pendampingan siswa yang memiliki hambatan terberat pada kemampuan dasar di desa-desa tempat mahasiswa melaksanakan Kegiatan PPL KKN,” jelasnya pada media ini via selulernya, Minggu (18/9/2022)..


Selama melaksanakan kegiatan Relawan literasi banyak praktik dan cerita baik yang dihasilkan. Dikatanya, hal tersebut yang melatarbelakangi BSKAP kemdikbudristek mengundang dirinya sebagai pihak penyelenggara. Yaitu, untuk berbagi cerita baik terkait kegiatan Relawan Literasi melalui podcast sapa Pendidikan salah satu program inovatif dari BSKAP. 


Proses podcast di Kantor BSKAP Jakarta yang dilaksanakan 16 September 2022 tersebut merupakan kegiatan Kerjasama antara INOVASI dan BSKAP dalam rangka mendesiminasikan praktik baik di bidang literasi di Wilayah NTB. 


Pada podcast tersebut Anisah, menceritakan awal mula STKIP Tamsis Bima bergabung di kegiatan Relawan Literasi serta perubahan-perubahan yang terjadi setelah bergabung. 


“Dengan kegiatan podcast ini diharapkan akan banyak para anak muda khususnya mahasiswa yang bergerak bersama untuk meningkatkan literasi di daerahnya masing-masing. 


Sedikit berbuat namun memiliki dampak yang besar terhadap masa depan generasi muda. Sebagai Kampus yang memiliki segudang praktik baik terkait program Literasi, STKIP Taman Siswa Bima akan terus mendukung kegiata-kegiatan yang akan mendukung peningkatan literasi di Indonesia khususnya di Kabupaten Bima,” pungkas Anisah. (GA. 212*)

Post a Comment

Previous Post Next Post