-->

Notification

×

Iklan

Terbakar, Ponpes Al-Madinah Desa Kananga Bolo Rugi Ratusan Juta Rupiah

Monday, August 29, 2022 | Monday, August 29, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-29T05:15:31Z

 

Petugas Damkar dibantu warga saat berupaya memadamkan kobaran api di Ponpes Al-Madinah Desa Kanangan Kecamatan Bolo,  Minggu malam (28/8/2022).





Kabupaten Bima,  Garda Asakota.-



Tadi malam, Minggu 20 Agustus 2022 sekitar pukul 19.30 Wita hingga pukul 20.55 Wita telah terjadi kebakaran di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Madinah Desa Kananga Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Jalan Lintas Sila-Soromandi.


Kebakaran ini menghanguskan satu ruangan dapur dan dua ruangan mess tempat tidur ustadz serta satu rumah yang di tempati oleh pimpinan Ponpes Al-Madinah, Ustadz Jabir Abdullah. 


Atas kejadian itu, Ponpes Al madinah mengalami kerugian sekitar ratusan juta rupiah. Adapun penyebab sementara kebakaran, diduga karena hubungan arus pendek.


Berdasarkan pengakuan dari salah satu pengurus Ponpes Al-Madinah, Imanuddin di lokasi kejadian,  awal mula kejadian, sekitar pukul 19. 00 Wita, salah satu ustadz memasak air menggunakan alat masak listrik. 


Di saat memasak air, ustadz tersebut langsung meninggalkan mess, tujuanny melaksanakan shalat. Namun usai shalat,  sang Ustadz tidak kembali dan langsung mengikuti kajian/pengajian rutin di masjid yang ada di Ponpes Al-Madinah. 


Jelang beberapa menit, sekira pukul19.30 Wita, tiba-tiba terjadi kebakaran. Hal ini diketahui saat mendengar adanya teriakan para santri dan santriwati melihat sumber api dari bangunan asrama Ponpes Al-Madinah.


Para santripunlangsung memanggil para ustadz yang sedang melakukan kajian rutin di Masjid Ponpes Al-Madinah.


Karena tidak bisa padamkan api lebih cepat, api merambat ke ruangan dapur umum dan terjadi ledakan gas LPG sehingga menambah kobaran api. Tidak saja itu, apipun melalap satu rumah yang di tempati pimpinan Ponpes Al-Madinah (Ustadz Jabir red). 


Adanya suara ledakan gas LPG di dapur asrama membuat warga sekitar berdatangan. Merekapun membantu para santri dan santriwati serta para ustadz Ponpes Al Madinah berupaya memadamkan api menggunakan alat seadanya.


Pukul 20.40 wita, mobil PMK Kecamatan Bolo Kabupaten Bima dan beberapa jam disusul oleh Mobil PMK Kecamatan Madapangga tiba di TKP, membantu proses pemadaman api di Ponpes Al-Madinah besama-sama warga. Alhasil  sekira Pukul 20.55 Wita, api berhasil dipadamkan.


"Akibat kejadian tersebut, kerugian ditaksir ratusan juta rupiah, terdiri tiga bangunan rusak terbakar, termasuk uang serta perhiasan milik tukang masak (ibu dapur) dan satu unit sepeda motor hangus terbakar," ungkap Ustadz Imanuddin.


Terkait penyebab pasti Kebakaran pihak Kepolisian Sektor Bolo Kabupaten Bima hingga hari ini masih melakukan penyelidikan setelah olah tempat kejadian perkara. (GA. Ongky*)

×
Berita Terbaru Update