-->

Notification

×

Iklan

Tahun Ini Warga Transmigrasi Tambora Kembali Dapat Quota 1.825 Penerbitan Sertifikat

Saturday, August 20, 2022 | Saturday, August 20, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-20T08:30:44Z

 

Fatahullah, S.Pd




Kabupaten Bima, Garda Asakota.-



Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bima, Fatahullah, S.Pd,  mengatakan, di tahun 2022 ini pihaknya kembali mendapatkan jatah penerbitan 1.825 sertifikat tanah untuk warga transmigrasi di Kecamatan Tambora.


Warga Transmigrasi di Satuan Pemukiman (SP) 1 hingga SP 6, mendapat prioritas penerbitan sertifikat lahan melalui program reformasi Agraria Presiden Jokowi.



"Kami juga hadir di Tambora ini sekaligus sosialisasi penerbitan 1.825 bidang sertifikat untuk masyarakat seluruh Satuan Pemukiman (SP) di Kecamatan Tambora, mulai SP 1 hingga SP 6," ungkapnya di sela-sela kegiatan rapat sosialisasi dan percepatan pengembangan KTM menjadi sebuah Kawasan Perkotaan Baru (KPB), di aula kantor Camat Tambora Jumat (19/8/2022).


Menurut pria asli Sape ini, dasar awal penerbitan sertifikat untuk lahan warga transmigrasi ini, berangkat dari komitmen Pemerintah Jokowi di bidang reformasi agraria yakni pemberian sertifikat hak milik pada tanah masyarakat dan tanah ulayat adat. 


"Dari program reformasi agraria itu Disnakertrans Kabupaten Bima mendapat jatah 1.825 sertifikat," tuturnya.



Hanya saja, kata dia, berdasarkan hasil rapat terakhir Dinas Nakertrans dengan pihak BPN Kabupaten Bima didapatkan gambaran umum, bahwa untuk sementara sesuai hasil clear and clear di lapangan, kemungkinan yang bisa diperoses dari quota itu hanya sekitar 750 bidang tanah untuk lahan pekarangan warga transmigrasi saja.


 "Ini yang sudah clear kan di lapangan, sisanya kita akan perjuangkan lagi di tahun 2023. Kenapa ini terjadi?, karena ditemukan fakta lapangan adanya pengalihan kepemilikan tanah yang tidak sesuai dengan SK penempatan dari Bupati Bima, kemudian ada beberapa tanah yang sudah disertifikasi sebelum tanah SP ini ditentukan sebagai Kawasan," ungkapnya. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update